Kecamatan Bunta Terendam Banjir

0
11
suasana banjir di salah satu desa di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sulteng. (Foto : Dales)

TNews, BANGGAI – Sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah nyaris tenggelam.

Dengan kondisi curah hujan tinggi yang terjadi dua hari ini menyebabkan sejumlah sungai meluap dan menerjang serta merusak fasilitas seperti Rumah Warga dan jalan transulawesi.

Dari pantauan media ini sejak Minggu 4 September 2022 hingga hari ini sungai yang berada di tiga desa yakni Desa Huhak, Desa Toima, Desa Tuntung dan desa Pongian terjadi banjir yang menyebabkan puluhan rumah warga digenangi air.Diketahui bahwa ada satu rumah warga di desa Huhak yang Hanyut.

Seperti yang terjadi di desa Huhak sungai yang mengalami pendangkalan sehingga sungai meluap dan menggenangi puluhan Rumah dan menghanyutkan 1 rumah yang berada tepat di pinggir sungai.

Derasnya air sungai itupun merusak jalan hingga merusak  aspal jalan yang tak jauh dari opridjembatan Huhak.

Sementara itu di wilayah desa Toima juga tepatnya di perbatasan Desa Toima dan Koili juga mengalami banjir yang menyebabkan sejumlah rumah warga terendam.

Kemudian luapan sungai Tuntung juga mengenangi puluhan rumah warga sejak kemarin.

Selain itu sungai Desa Pongian juga sejak sore tadi sudah meluap dan telah melewati jalan trans. Diketahui ada puluhan rumah terendam banjir.

Dari kejadian tersebut masing masing pemerintah desa telah melakukan evakuasi kepada warga warga yang rumahnya terdampak banjir.

Pemerintah desapun menghimbau masyarakat agar tetap berhati hati sebab curah hujan makin tinggi dan kondisi saat ini sudah menjelang malam.

Reporter : Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.