Kejaksaan Periksa Puluhan Kades dan Aparat Desa di Touna, Ada Dugaan Korupsi Dandes

0
311
Kasi Intel Kejari Touna Moh Nuzul SH saat memeriksa salah satu kepala Desa. (Foto Dales)

TNews, AMPANA – Belum lama ini Kejaksaan Negeri Tojo Una Una melayangkan surat  pangilan kepada Puluhan Aparat desa dan Kades di Kabupaten Tojo Una Una Provinsi Sulawesi Tengah.

Dari Pantau media Totabuan News terlihat puluhan aparat Desa termasuk kadesnya antri untuk dimintai keterangan oleh pihak Kejaksaan.

Kejari Touna Melalui Kasi Intel LA Ode Moh. Nuzul, SH saat ditemui media ini, membenarkan bahwa belum lama ini Kejaksaan Negeri Touna telah melakukan  pemeriksaan kepada puluhan aparat desa serta Kadesnya.

Ditanya terkait soal apa?Moh Nuzul mengatakan bahwa pihaknya hanya melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan dana desa.

“Ada dugaan Korupsi yang sedang kita dalami dan sedang kita lakukan penyelidikan. Tunggu saja kita masih kumpulkan data untuk melengkapi data awal yang telah kita dapatkan. Sehingganya kita memanggil puluhan Aparat desa serta kepala desa untuk dimintai keterangan terkait adanya dugaan korupsi yang terjadi di salah satu program pengadaan yang mengunakan dana desa,” tegasnya belum lama ini.

Menurut Kasi Intel dugaan Korupsi yang dilidik selama bulan Agustus kemarin kini sudah ditingkatkan ke Penyidikan Pidana Kusus (Pidsus).

“Iya kemarin sudah naik ketingkat penyidikan ,yang jelas sudah masuk  ke penyedikan Pidsus  tertanggal 1 September 2022 kemarin ,tandasnya lagi sambil tersenyum.

“Nantinya kami akan kembangkan pemeriksaan termasuk ke dinas teknis, Pada tingkat penyelidikan kemarin, kita sudah menemukan peristiwa pidananya, nah pada tingkat penyidikan ini kami akan fokus siapakah pihak pihak yang diduga terlibat dan dapat diminta pertanggungjawabannya secara hukum,” jelasnya.

Terkait motif, sampai saat ini pihak kejaksaan masih mendalami adanya dugaan praktek KKN yang dilakukan  oleh oknum-oknum yang bermain dengan penggunaan ADD/DD desa di Kabupaten  Tojo Una Una.

Kasi Intel yang murah senyum itu, menegaskan bahwa akan menindak tegas dugaan korupsi yang merugikan keuangan Negara.

Diketahui bahwa sudah sekitar dua puluh lebih desa yang di panggil dan dimintai keterangan oleh oleh pihak jaksa Kejari Touna.

Sementara itu dari informasi yang di terima media ini ,bahwa ada sejumlah kasus dugaan korupsi besar yang sedang dibidik Kejari Touna.

Reporter    : Dalles Lantapon
Editor        : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.