Asisten III Pemda Labuhanbatu: Sampah Bisa Dijadikan Barang Bernilai

0
49
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos

TNews, LABUHANBATU SUMUT – Sampah bisa dapat kita manfaatkan kembali menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai.

Hal tersebut disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos., MM., dalam Seminar Hasil Kajian Penanganan Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Secara Berkelanjutan Di Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Selasa (15/11/2022).

Mewakili Bupati, Zaid mengatakan berdasarkan fenomena volume sampah dan kekuatan, kelemahan serta peluang pengelolaan sampah di Kabupaten Labuhanbatu, maka penelitian tentang Penanganan Sampah secara berkelanjutan penting dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

Untuk itu rumusan penelitiannya adalah bagaimana penanganan sampah berbasis masyarakat secara berkelanjutan di Kabupaten Labuhanbatu.

“Seminar hasil ini merupakan salah satu proses dari tahapan sebuah kajian hingga laporan akhir sesuai dengan yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 17 tahun 2016 terkait pedoman penelitian dan pengembangan di Kementerian dan Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Menutup arahannya, Zaid berharap semoga dengan adanya kajian ini sampah di Labuhanbatu akan tertangani dengan baik dan tidak menjadi masalah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu Zuhri, SE., M.Si., mengatakan Balitbang akan merumuskan hasil kajian tersebut dalam satu hasil laporan. Zuhri juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait. Sejak mulai dari proposal, pengumpulan data, FGD dan Seminar hasil, sudah mencurahkan pemikirannya, tanggapan, saran-saran, koreksi, kritiknya.

“Semua ini menjadi bahan bagi kita dalam penyusunan akhir. Mudah mudahan pengkajian ini dapat bermanfaat bagi kita di Kabupaten Labuhanbatu,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh tenaga ahli yaitu peneliti dari Balitbang Provinsi Sumatera Utara Nobyra Husni, ST., M.Si., dan Dr. Jonni Sitorus, ST., M.Pd, dan diskusi bersama. Adapun rekomendasi yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah pembangunan TPST, TPS, dan TPS3R, Sosialiasi tentang penanganan sampah dengan Bank Sampah, sosialiasi kepada masyarakat dan OPD lain dalam pengelolaan sampah, dan kerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan sampah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas PUPR, perwakilan OPD, Kepala Bidang Ekonomi Pembangunan Balitbang Labuhanbatu, perwakilan Puskesmas, perwakilan Kecamatan, Lurah, perwakilan Bank Sampah, dan undangan lainnya.

Reporter : Sipahutar SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.