DPPPA Labuhanbatu Gelar Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun

0
11

TNews, LABUHANBATU – Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar Peringatan Hari Ibu di Aula Asrama Haji Rantauprapat, yang dihadiri  langsung oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd,MM. Kamis (22/12/2022).

Turut hadir Sekretaris Daerah Ir.Muhammad Yusuf Siagian,M.MA, Ketua TP PKK Ny.dr.Hj.Maya Hasmita Adtrada,Sp.OG,MKM, Asisten II Setdakab Ikramsyah, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Unsur Forkopimda, Kemenag, Para Camat,  Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXVI Dim 0209, Bhayangkari Polres Labuhanbatu, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Dharmayukti Karini, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd,MM mengatakan peringatan Hari Ibu yang selalu kita peringati merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Wabup juga menyampaikan Dalam setiap peringatan Hari Ibu tersebut, maka kita harus mampu mengambil makna dari momen tersebut sehingga kegiatan tersebut bukan hanya sebatas seremonial belaka namun harus ada makna penting yang kita dapat.

Tema utama hari Ibu ke 94 Tahun 2022 adalah “Perempuan Berdaya Indonesia Maju dengan mengangkat subtema kewiraswastaan perempuan mempercepat kesetaraan, mempercepat pemulihan pasca covid-19. Dengan tema tersebut diharapkan bahwa perempuan muncul sebagai penyelamat keluarga dengan memulai usaha dan memasuki angkatan kerja sebagai dampak pandemi covid-19 yang menyebabkan banyak pekerja yang mengalami PHK”tuturnya.

Mari kita kembalikan matahari ibu yang dulu digagas oleh para perempuan tangguh sebelumnya. Mari kita memantaskan diri untuk bisa berdaya guna menggali potensi diri untuk hidup bersaing dalam kebaikan, buka diri untuk menambah ilmu, terus belajar dan juga menambah wawasan hal tersebut bukan hanya sekedar mengejar prestasi dalam berkiprah di masyarakat tetapi juga bermanfaat”ajak Wabup diakhir kata sambutannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Hj.Tuti Noprida Ritonga,S.S.I,APT,M.M  menyampaikan dalam rangka memperingati hari Ibu ke 94 Tahun 2022 bahwa perjalanan sejarah yang melatarbelakangi peringatan Hari Ibu dari awal ditetapkan hingga saat ini memperlihatkan jejak perjuangan perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Tuti Noprida yang juga sebagai ketua panitia pelaksana dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan akses perempuan pada sumber daya terutama beberapa pekerjaan formal di bidang ekonomi menjadi terbatas karena faktor budaya pada peringatan Hari Ibu ke 94 Tahun 2022, ini merupakan waktu yang tepat untuk menggalang aksi bersama mendorong kemandirian Indonesia tidak hanya kemandirian ekonomi namun kemandirian di bidang yang lainnya.

Adapun rangkaian yang telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan hari ibu yakni : melakukan promosi dan publikasi melalui pemasangan spanduk di instansi pemerintah dan swasta, melaksanakan kegiatan lomba puisi dan sahabat perempuan untuk tingkat SLTP dan SLTA sederajat penyerahan hadiah lomba serta pemberian ASI kepada 3 orang Ibunda yang tahu aktif kehadirannya dalam setiap kegiatan peringatan Hari Ibu setiap tahunnya, tambah Tuti Noprida.

Kegiatan dirangkai  dengan penampilan pentas seni, pemotongan tumpeng, penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Reporter : Sipahutar SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.