Wakamabicab Buka Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Asahan 2023

0
87

TNews, ASAHAN – Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan Besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat Nasional.

Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Pada tahun 2023 kali ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan bersama Dewan Kerja Cabang (DKC) menggelar Raimuna Cabang di lapangan sepak bola pondok tengah PTPN III kebun Pulau Mandi dari tanggal 10-14 Mei 2023.

Dalam sambutannya Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Asahan H Surya BSc yang diwakili oleh Wakil Ketua Mabicab yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, S.IP, M.Si mengatakan, gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang memiliki visi besar dalam perkembangan dan peningkatan kualitas generasi muda bangsa melalui Pendidikan karakter yang meliputi ketaqwaan pada Tuhan YME, beriman, berakhlak mulia, Nasionalisme, Disiplin, Cakap, terampil dan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala perkembangan dan perubahan disekitar baik itu tekhnologi, tren, kebiasaan serta menanamkan rasa cinta tanah air Sebagai dasar kuat dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta membangun masyarakat dan melestarikan lingkungan hidup.

“Jadikanlah Penyelenggaraan Reimuna Cabang ini menjadi suatu wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas serta pendorong kemajuan generasi muda, ujar Wakamabicab penuh harap.

Ditempat yang sama Wakamabicab juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Manager PTPN III Kebun Pulau Mandi Djoel Irwin,SP, yang diterima oleh APK
Rudi Suhaery,SH, atas partisipasi dan dukungannya pada kegiatan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Asahan.

Selain Wakamabicab kegiatan juga di hadiri oleh Ketua Kwarcab Agus Ramanda, pengurus Kwarcab dan DKC, Kepala Dinas Pendidikan H Suprianto, APK PTPN III Kebun Pulau Mandi Rudi Suhaery,SH, mewakili Kapolres Asahan, Kasat Binmas AKP F Saragih, Kapolsek Prapat Janji, AKP JT Siregar, Danrami 13/Buntu Pane Kapten Inf Mulyanto, para Camat se kabupaten Asahan dan seluruh peserta.

Reporter : Hadi Darmawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.