IPSM Pejuang Kemanusiaan Peduli Permasalahan Sosial Labusel

0
97
Foto : Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin, Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung S.Ag dan Ketua IPSM Labuhanbatu Selatan, Muhammad Hasir alias Bung Marhan

TNews, Labusel – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) adalah wadah berhimpunnya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sebagai media koordinasi, konsultasi, pertukaran informasi, dan pengalaman serta pengembangan kemampuan administrasi dan teknis di bidang kesejahteraan sosial.

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sendiri adalah warga masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial serta di dorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi di bidang kesejahteraan sosial.

Di Labuhanbatu Selatan (Labusel) IPSM masih sangat muda belia, baru berumur 6 bulan terhitung sejak dilantiknya pengurus IPSM Labusel pada tanggal 26/9/2022 yang lalu dengan saudara Muhammad Hasir alias Bung Marhan sebagai Ketua.

Kegiatan-kegiatan sosial IPSM Labuhanbatu Selatan dalam rangka membantu Pemkab Labusel dalam menangani permasalahan sosial di masyarakat

Di usia yang masih sangat muda ini, peran IPSM membantu Pemerintah Kabupaten Labusel dalam mengatasi masalah sosial masyarakat terutama penyandang disabilitas, orang tua lansia, maupun masyarakat kurang mampu sudah sangat luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilaksanakan IPSM Labusel dalam beberapa bulan terakhir.

Kegiatan sosial yang telah dilaksanakan IPSM Labusel diantaranya adalah :
○Pembagian Paket Sembako untuk lansia sebanyak 500 paket yang berisi 5 Kg beras, 1 kotak mie instan, 2 kg gula, 1 liter minyak goreng dan telur 1 papan (30 butir)
○400 Paket sembako untuk disabilitas
○Alat bantu dengar sebanyak 20 unit
○50 unit tongkat untuk disabilitas dan lansia
○30 unit kursi roda untuk disabilitas dan lansia
○Pelatihan pembuatan tempe untuk lansia produktif
○Bantuan alat musik keyboard untuk penyandang tuna netra
○Mesin jahit sebanyak 3 unit untuk masyarakat tidak mampu
○10 unit mesin pembersih lidi untuk masyarakat produktif kurang mampu
○25 unit steling UMKM
○Terapi Gratis Masyarakat Tidak Mampu
○Donor Darah bersama PMI Labusel
○Kegiatan Sosial lainnya.

Salah satu bentuk pengabdian IPSM Labusel dengan turun langsung ke masyarakat sakit yang kurang mampu

Ketua IPSM Labusel, Bung Marhan sebagai Panglima yang mengkomandoi pergerakan IPSM Labusel mengatakan, “Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di Labusel. Sebagai makhluk sosia, kita harus tanggap setiap permasalahan sosial yang ada di sekitar kita.”

Selain itu Muhammad Hasir juga mengucapkan Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Labusel khususnya Bupati H. Edimin dan Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag atas dukungan dan support yang telah diberikan kepada IPSM Labusel, ” Saya atas nama pribadi dan atas nama IPSM Labusel mengucapkan banyak Terimakasih pada Pak Bupati dan Wakil Bupati Labusel. Dukungan beliau sangat luar biasa apalagi untuk penanganan permasalahan sosial yang ada di Labusel ini. ” tambah Bung Marhan.

Penyaluran bantuan sembako oleh IPSM Labusel kepada masyarakat tidak mampu

Saat ini kepengurusan IPSM Labusel sudah terbentuk dibseluruh kecamatan se Labusel bahkan sampai ke Desa. Peran aktif IPSM di masing-masing kecamatan sangat membantu IPSM Labusel dalam mendeteksi segala permasalahan sosial yang ada di daerah-daerah. Seperti di Kecamatan Silangkitang beberapa waktu yang lalu. Adanya keinginan masyarakat untuk melakukan donor darah, maka IPSM Kecamatan dengan sigap langsung berkoordinasi dengan IPSM Kabupaten untuk melaksanakan kegiatan Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI Labusel dan Polsek Silangkitang.

Saat ini IPSM membawa energi baru di Labusel sebagai ujung tombak pejuang sosial dalam membantu pemerintah Kabupaten mengatasi permasalahan sosial yang ada. Diharapkan kedepannya IPSM Labusel menjadi Pejuang di Garda Terdepan dan menjadi pembela utama masyarakat yang mengalami permasalahan-permasalahan sosial di Labusel.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Bupati dan Wakil Bupati juga diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan dukungan moril materil dan support untuk memaksimalkan kinerja IPSM Labusel demi terwujudnya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Warga Labuhanbatu Selatan.

Reporter : Ora Krishna Lubis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.