Ketua TP-PKK Labuhanbatu Hadiri Rakornas Bersama Ibu Negara

0
60

TNews, LABUHANBATU – Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Ny. dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada, Sp.OG. MKM menghadiri Rapat Koordinasi Nasional TP-PKK Tahun 2022 dengan tema Pemantapan Program untuk Keberhasilan Rencana Induk Gerakan PKK 2021-2024 yang dibuka langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia, Ny. Iriana Joko Widodo dan dilanjutkan dengan pemaparan dari berbagai narasumber di Grand Ballroom JIEXPO Convention Center Arena JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat, Senin (28/11/2022).

“Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga capaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata Ibu Negara Republik Indonesia, Ny. Iriana Joko Widodo.

Kemudian di dalam menghadapi krisis pangan yang terjadi saat ini, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mengungkapkan sejumlah program dapat dilakukan oleh TP PKK seperti penguatan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga dengan gerakan menanam tanaman yang bermanfaat bagi konsumsi keluarga.

“Saya berharap untuk penanaman tiga (tanaman obat keluarga) juga dilanjutkan kembali karena sekarang adanya pandemi ini tanaman toga sangat bermanfaat bagi kita semuanya,” pintanya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada, Sp.OG.MKM yang hadir dalam Rakornas, mengapresiasi arahan dari Ibu Negara. Terlebih, dengan semangat yang terus digelorakan.

“Ibu Negara memberi arahan, tetap semangat, memberikan kemanfaatan bagi masyarakat  meskipun kita relawan tapi kontribusi kita masih ditunggu. Baik dalam penanganan stunting, gizi, ketahanan pangan keluarga, kesehatan, dan pembentukan karakter masyarakat,”Tuturnya.

Ia menyampaikan terima kasih atas sumbangsih tim penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dan kader, salah satunya, dalam penanganan stunting.

“Penanganan stunting (kader berperan) mulai di posyandu, membantu penimbangan, dan identifikasi. Kalau ada balita yang ditemukan kasus, treatment-nya seperti apa, tindak lanjutnya seperti apa, edukasi masalah gizi untuk pemenuhan gizi beragam, bergizi, seimbang, termasuk bagaimana keluarga itu bisa memberikan kontribusi ketahanan pangan di masing-masing keluarga, seperti Hatinya PKK,” Jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba vlog. PKK Labuhanbatu mendapatkan juara 3 tingkat nasional, “Lomba vlog nasional Ayo membaca dan menjelajahi dunia”.

Sebagai informasi kegiatan pelaksanaan rakor tingkat nasional tahun 2022 dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 28 November 2022 hingga 29 November 2022 yang dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian Tim Penggerak PKK Pusat, Ketua Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Reporter : Sipahutar SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.