Webinar Iklim Belajar Tanpa Perundungan

0
74
Gambar : Webinar Iklim Belajar Tanpa Perundungan, Binjai (18/10/2023).

TNews, BINJAI – Rabu 18 Oktober 2023, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Jufri, S.H., M.H., sebagai narasumber mengisi kegiatan Webinar Nasional dengan tema iklim belajar tanpa perundungan atau Bullying secara virtual pada ruang kerjanya yang berada di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai Jalan Tengku Amir Hamzah Nomor 378 Kelurahan Jati Makmur.

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Jufri, S.H.,M.H., menyampaikan bahwa Bullying ini merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan tujuan memojokkan orang lain dengan nada merendahkan mengolok-olok hingga terjadinya kekerasan.

Perbuatan tersebut tidak hanya dilakukan secara fisik namun juga dilakukan secara verbal, yang mana perundungan sendiri termasuk dalam perbuatan kriminal karena dapat dikenai sanksi pidana. Tentu perbuatan tersebut dalam norma agama juga tidak dibenarkan, seperti dalam agama Islam diatur di Al-Qur’an dalam surah Al-Hujarat Ayat 11 ini dilarang melakukan perbuatan olok-olok merendahkan orang lain.

Untuk memberantas praktik perundungan terjadi di lingkungan sekolah maka harus secara tegas melarang seluruh kegiatan yang berbau ospek dalam maupun di luar sekolah, juga pihak sekolah perlu menerapkan sanksi akademik kepada para siswa/i yang melakukan perbuatan perundungan untuk menimbulkan efek jera. Hal tersebut perlu dilakukan karena perundungan merupakan suatu tindakan tindak pidana yang memiliki sanksi hukum sebab dampak dari perundungan tersebut sangat berbahaya dapat menjatuhkan mental seseorang hingga dapat berujung pada perbuatan bunuh diri.

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Wali Kota Binjai Drs Amir Hamzah secara virtual
melalui Zoom Meeting di ruang Binjai Command Center (BCC) pada Balai Kota Binjai yang diikuti oleh Kapolres Kota Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen, Kadis Pendidikan Kota Binjai Drs. Edi Mulia, Kadis Kominfo Kota Binjai Sofyan Syahputra Siregar, Kepala BNN Kota Binjai Ucok Ferry, Kabid Pendidikan Syamsul Effendi Siregar, Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Zuhata Mahadi, Kasat Binmas Polres Binjai AKP Arnawati, SH, MH dan seluruh peserta webinar hingga selesai dalam situasi lancar dan terkendali.

“Diharapkan kedepannya seluruh kepala sekolah dan guru–guru yang ada di Kota Binjai, dapat terus memantau dan mencegah tindakan yang dapat berpotensi atau mengarah pada perundungan di sekolah masing–masing dan mewujudkan suasana yang nyaman dan aman untuk menjamin tidak ada tindakan Bullying atau perundungan terhadap siswa,” tegasnya.*

Reporter : ND

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.