Mengenal Jembatan Aek Tano Ponggol Sumatera Utara, Penghubung Kawasan Parapat dan Samosir

0
2240
Jembatan Aek Tano Ponggol Sumatera Utara

TNews, SUMATERA UTARA – Sumatera Utara (Sumut) memiliki jembatan baru yang belum lama ini diresmikan. Pembangunan jembatan di Sumatera Utara ini selesai pada Desember 2022.

Usia jembatan ini kurang lebih 4 bulan, terhitung sejak diresmikannya pada 25 Agustus 2023 oleh Presiden Joko Widodo. Pada tahun 2024, jembatan di Sumatera Utara ini rencananya akan dilakukan beautifikasi atau memperindah.

Anggaran yang dialokasikan untuk beautifikasi jembatan ini sebesar Rp45 miliar. Pekerjaan beautifikasi tersebut meliputi pembuatan taman baru, pemasangan tempat duduk, penanaman pohon, hingga pemasangan lampu penerangan di sekitar lokasi jembatan.

Jembatan di Sumatera Utara ini memiliki total panjang 382 meter. Panjang bentang utamanya 99 meter dengan lebar 8 meter.

Total biaya yang digelontorkan untuk membangun jembatan ini sebesar Rp173 miliar. Adapun nama jembatan baru di Sumatera Utara ini adalah Jembatan Aek Tano Ponggol.

Lokasinya bukan di Kota Medan, tapi di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Jembatan Aek Tano Ponggol dibangun untuk menghubungkan kawasan Parapat ke Samosir.

Hadirnya jembatan ini juga guna mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Jembatan ini merupakan satu-satunya akses darat untuk menuju Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Itulah informasi tentang Sumatera Utara yang mempunyai jembatan baru sepanjang 382 meter. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.