Dinas P3AP2KB Kabupaten Paluta Gelar Penyusunan Profil KLA

0
66
Dinas P3AP2KB Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar kegiatan Penyusunan Profil KLA di aula Dinas P3AP2KB, Kamis (01/12/2022) Foto : Pohan

TNews, PALUTA –Sebagai upaya dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar kegiatan Penyusunan Profil KLA di aula Dinas P3AP2KB, Kamis (01/12/2022).

Kepala Dinas P3AP2KB Padang Lawas Utara Hasbullah Harahap, S.Sos, MM dalam laporannya mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka upaya untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan anak serta untuk meningkatkan predikat KLA Kabupaten Padang Lawas Utara.

Senada, Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Maralobi Siregar, S.Sos., MM dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara terus berupaya dalam pemenuhan hak anak.

“Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara termasuk lembaga masyarakat, dunia usaha dan media massa bersama-sama, berkomitmen dan bergandeng tangan dalam mewujudkan Kabupaten Padang Lawas Utara menjadi KLA, melalui penyusunan profil KLA ini nantinya diharapkan indikator-indikator KLA dapat terpenuhi,” jelasnya.

Sementara, narasumber dalam kegiatan tersebut, Muhammad Jailani, S.Sos, MA menyampaikan ada 9 komponen kunci dalam indikator KLA yang harus diperhatikan dalam mewujudkan KLA.

“Diantaranya, adanya peraturan/kebijakan daerah tentang indikator terkait, program dan persentase anggaran yang adialokasikan, SDM yang membidangi terlatih konvensi hak anak, keterlibatan forum anak dalam penyusunan kebijakan, kemitraan antar perangkat daerah, keterlibatan lembaga masyarakat dalam pelaksanaan program, kemitraan dengan dunia usaha, kemitraan dengan media dan inovasi untuk mencapai indicator,” katanya.

Terpisah, Kabid P3A Dinas P3AP2KB Lia Diana Damanik, S.Km menyampaikan Kabupaten Padang Lawas Utara berada pada peringkat utama dan selangkah lagi menuju KLA, untuk itu ia mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama bahu membahu dalam memenuhi indikator yang telah ditentukan untuk menjadikan kabupaten Padang Lawas Utara menjadi Kabupaten Layak Anak.

Reporter : Kammar Pohan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.