Ahmad Zarnawi Pasaribu Buka Musyawarah PMI Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022

0
43

TNews, PALAS SUMUT – Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu C.Ht  MM, M.Si membuka Musyawarah Kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Padang Lawas dan Sosialisasi Palang Merah Remaja (PMR) Siswa SMA, SMK dan MA di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, (22/11/22).

Bupati dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan selamat kepada pengurus PMI yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu.

“Selamat atas pelantikan Ketua PMI Kabupaten Padang Lawas yang baru dan selamat juga atas Musyawarah Kerja PMI tahun 2022, saya optimis pengurus yang baru akan mengusung semangat baru, berbenah dan maju serta hasil musayawarah ini akan menghasilkan terobosan   kepalangmerahan untuk membantu meringankan penderitaan sesama manusia tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong,” ucap Plt. Bupati.

Lanjut bupati, PMI adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak untuk kemanusiaan, maka yang harus dikencangkan adalah sosialisasi dalam berbagai bentuk media tentang pentingnya donor darah. Masyarakat perlu digerakkan bahwa donor darah membantu menyelamatkan dan mempertahankan nyawa seorang manusia. Setetes darah kita nyawa bagi sesama.

“Disamping itu doroh darah menyehatkan tubuh. Banyak manfaat yang diperoleh dari donor darah al. Meningkatkan produksi darah yang sehat sehingga menurunkan resiko terhadap berbagai penyakit,” imbuhnya

Kedepan Plt. Bupati meminta kepada pengurus  agar PMI dan pendonor terkoneksi dengan sistem.

“PMI juga dapat mencetak kartu golongan darah pendonor yang gunanya membantu seorang penerima donor darah (recipient) apabila mengalami kejadian-kejadian darurat yang mengakibatkan kekurangan darah, maka golongan darah pendonor sudah diketahui dan akan mempercepat proses transplantasi darah. Pendonor darah berjalan  akan siap dipanggil 24 jam,” kata Bupati.

Disisi lain Plt. Bupati juga berharap agar PMI tidak hanya terfokus pada donor darah saja tetapi juga  kesiapsiagaan dalam kebencanaan. PMI menjadi mitra dalam memberikan pelayanan dan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana, baik evakuasi korban, pengungsian pertolongan pertama, medis dan ambulans, penyaluran bantuan dsb.

“Pengurus PMI mewakili dari berbagai unsur, ada dari BNPB, Kesehatan, relawan yang saling melengkapi dan mendukung dalam kesiapsiagaan dan penanganan bencana serta menangani tugas kemanusiaan lainnya. Dan kepada siswa SMA sederajat yang akan mengikuti sosialisasi Palang Merah Remaja selaku cikal bakal relawan PMI masa depan, diharapkan bisa mengambil ilmu pada kegiatan ini,” tandas Plt. Bupati

Sebelumnya, Ketua PMI Kabupaten Padang Lawas Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M.Si, CGCAE menyampaikan bahwa ia sebagai Ketua PMI Kabupaten Padang Lawas yang baru dilantik oleh Ketua PMI Sumatera Utara periode  2022 s/d 2027 pada tanggal 28 Oktober 2022 yang lalu di Aek na Pine Resort, Aek Nauli Kabupaten Simalungun, berkomitmen akan senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas dan kinerja serta selalu menjunjung profesionalitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berpegang teguh pada 7 prinsip dasar PMI yaitu, Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

“PMI Kabupaten Padang Lawas kedepan bersama sama OPD dan lembaga terkait yang ada di Kabupaten Padang Lawas akan bersinergi, berkolaborasi dan bahu membahu melaksanakan kegiatan kepalangmerahan, pengurangan resiko bencana, pertolongan pertama, donor darah dan kegiatan kemanusiaan lainnya dengan memberdayakan potensi yang ada,” ujarnya.

Disampaikannya juga, disamping musyawarah kerja, kegiatan ini di rangkai dengan sosialisasi PMR bagi anak sekolah yang bertujuan agar anak anak siap menjadi relawan PMI di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Dr.H. Rahmat Shah melalui Ketua Bidang Organisasi, Chairul D. Siregar, SH, dalam sambutannya menyampaikan, betapa pentingnya musyawarah ini di laksanakan.

“Musyawarah merupakan agenda organisasi dan menjadi kewajiban para pengurus untuk melaksanakannya minimal 1 kali dalam setahun,” ujarnya.

“Musyawarah ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja yang lalu dan menyusun rencana kerja setahun kedepan dengan agenda dan rencana kegiatan yang rasional, sesuai dengan batas kemampuan, agenda yang betul betul dibutuhkan oleh masyarakat,” imbuhnya

Ia juga menghimbau agar warga yang sehat aktif mendonorkan darah untuk menyelamatkan jiwa dan sehatkan ragan.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.