Musrenbang RKPD 2024 Wujudkan Kabupaten Padang Bercahaya

0
29
Musrenbang RKPD tersebut dibuka langsung oleh Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si. Foto : Humas

TNews, PADANG LAWAS – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Padang Lawas tahun 2024, bertempat di Aula Hotel Al Marwah, Rabu, (08/03/23).

Musrenbang RKPD tersebut dibuka langsung oleh Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si mewakili Gubernur Sumatera Utara, Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Amran Pikal Siregar, S.Sos.I, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Kab. Padang Lawas Arpan Nst, S.Sos, Kabid Riset dan Inovasi Bappeda Provsu, Tapi Sari Rumonda Bulan Siregar, SS, SE, AK, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, Pimpinan Perbankan serta undangan lainnya.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Tuahta Ramajaya Saragih, AP, M.Si, mengungkapkan bahwa dalam konteks capaian pembangunan makro di Kabupaten Padang Lawas berdasarkan data BPS sampai dengan tahun 2023, hampir semuanya telah menunjukan capaian yang baik, diantaranya :

Laju pertumbuhan ekonomi tumbuh menjadi 4,61 persen pada tahun 2022 meningkat 0,78 persen dibandingkan dengan capaian tahun 2021 sebesar 3,83 persen, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 50,31 persen.

Indeks pembangunan manusia (IPM) juga terus meningkat menjadi 69,58 poin pada tahun 2022, meningkat 0,94 poin dibandingkan tahun 2021 sebesar 8,69 poin.

Kemiskinan juga terus membaik menjadi 8,05 persen pada tahun 2022 turun 0,64 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 8,69 persen.

Tingkat penganguran terbuka yang terus menurun menjadi 4,07 persen pada tahun 2021 menurun 0,04 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 4,11 persen.

Gini rasio yang juga terus membaik menjadi 0,227 poin pada tahun 2022 turun 0,025 poin dibandingkan tahun 2021 sebesar 0,252 poin.

Dalam kesempatan ini, Gubsu menekankan agar para stakeholder memperhatikan target target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatannya, seperti RPMN, RPJ Propinsi, RPJ Kabupaten. Juga memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun 2022 untuk melihat capaian pembangunan tahun 2022 dan menetapkan skala prioritas pembangunan yang tepat sasaran.

Gubsu juga berharap agar pelaksanaan musrenbang ini tidak hanya sekedar formalitas saja.” Tetapi harus betul-betul membahas substansi perencanaan jangka pendek/tahunan, sehingga perencanaan untuk tahun 2024 dapat tersusun dengan baik dan tepat sasaran, yang pada akhirnya apa yang akan diharapkan oleh masyarakat benar-benar dapat terwujud, ujarnya.

Pada suasana yang sama, Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si mengingatkan peserta musrenbang agar maksimalkan pikiran dan lebih cermat dalam perencanaan anggaran tahun 2024.

“Di tahun 2020 sampai awal 2021, kita hampir tidak bisa melakukan apa-apa. Terjadi refocusing dan realokasi anggaran selama 2 tahun untuk penanganan COVID 19 agar rakyat dapat terselamatkan dan terlindungi, kata Plt. Bupati.

“Begitu terlepas dari Pandemi, kita dihadapkan dengan tahun politik. Dimana anggaran akan tersedot untuk pelaksanaan pemilu dan pilkada Tahun 2024. Anggaran untuk Bawaslu Kabupaten dan KPUD terkait pemilu dan pilkada sekitar 65 % harus ditanggung oleh pemerintah daerah.

Tentu, terkait pelaksanaan pemilu maka anggaran pembangunan daerah akan berkurang. Oleh karena itu, dengan anggaran yang sedikit kita dituntut untuk lebih jeli dan cermat dalam merancang skala prioritas pembangunan daerah untuk tahun 2024 agar visi misi Kabupaten Padang Lawas yang Bercahaya tetap dapat diwujudkan, imbuhnya

Kecermatan dan kematangan dalam perencanaan juga akan menghindari bongkar pasang anggaran. Meskipun dalam 3 tahun terakhir, hal ini tidak dapat kita elakkan karena faktor kedaruratan akibat pandemi COVID 19, timpal Plt. Bupati.

Ditambahkan Plt. Bupati, walaupun dalam beberapa bulan terakhir terjadi berbagai gejolak permasalahan di Kabupaten Padang Lawas namun pertumbuhan pembangunan makro terus meningkat.

“Alhamdulillah.. grafik pertumbuhan pembangunan makro 2021 s/d 2022 terus menunjukkan trend positif. Saya berfikir positif, InsyaaAllah. . Dengan sinergitas dan kolaborasi yan semakin kompak bersama seluruh elemen masyarakat, tahun 2023 laju pertumbuhan pembangunan makro akan terus merangkak, sehingga Kabupaten Padang Lawas ke depan akan sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain di Sumatera Utara, pungkas Plt. Bupati.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Amran Pikal Siregar, S.Sos.I agar musrembang ini dapat menetapkan daftar prioritas kegiatan pembangunan yang merupakan aspirasi mayarakat untuk mewujudkan pembangunan daerah yang berkeadilan dan merata di 17 kecamatan di Kabupaten Padang Lawas.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Padang Lawas Triyanta HKD, dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten merupakan tahapan lanjutan dari proses pelaksanaan Musrenbang Desa yang dilaksanakan pada awal Bulan Januari 2023 yang lalu. Dan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Gabungan yang dilaksanakan di 5 (lima) kecamatan pada tanggal 14 s/d 16 Pebruari 2023 serta Forum Perangkat Daerah tanggal 06 maret 2023.

Musrenbang RKPD ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Padang Lawas tahun 2024.

Ditambahkannya, melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati isu isu strategis permasalahan dan prioritas pembangunan Kabupaten Padang Lawas.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.