Pemda Padang Lawas Utara dan LASQI Gelar Festifal Seni Qasidah Tingkat Kabupaten

0
35
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersama Lembaga Seni Qasidah Indonesia(LASQI) menyelenggarakan Festival Seni Qasidah ke lll Tingkat Kabupaten. (Foto : Ridwan)

TNews, PADANG LAWAS UTARA – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersama Lembaga Seni Qasidah Indonesia(LASQI) menyelenggarakan Festival Seni Qasidah ke lll Tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (22/08/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri Sekretaris Daerah, Wakapolsek Padang Bolak, Kakan Kemenag, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Padang Lawas Utara serta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., dalam sambutannya yang sekaligus membuka  Fetival Seni Qasidah menyampaikan sangat menyambut baik pelaksanaan Festival Seni Qasidah yang diikuti  12 kecamatan.

“Karena kegiatan ini bukan hanya menentukan yang terbaik saja tetapi juga sebagai perwujudan visi dan misi Kabupaten Padang Lawas Utara yang beriman, cerdas, maju, dan beradab,” ujar Sekda.

Sekda juga mengatakan, seni qasidah jalan bagi seniman Islam untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang berisi pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan kesenian ini juga dijadikan jalan dakwah sekaligus sebagai fiter budaya asing yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak, dengan demikian kesenian ini diharapkan dapat mengilhami pemikiran dan perasaan manusia agar lebih peka terhadap nilai kebenaran dan keindahan,” ujarnya lagi.

Festipal Seni Qasidah tersebut akan memperlombakan tiga cabang perlombaan, yaitu cabang group seni qasidah remaja putri, cabang bintang vokalis qasidah gambus remaja  dan dewasa, dan cabang pop religi remaja dan dewasa.

Pemenang Festival Seni Qasidah ini nantinya akan jadi utusan mewakili Kabupaten Padang Lawas Utara dalam festival seni qasidah tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.