Pemda Palas Salurkan Bantuan Sosial

0
1087

TNews, PALAS SUMUT – Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu  C.Ht, MM, M.Si menyambangi Kecamatan Barumun Tengah dan Aek Nabara Barumun dalam rangka penyaluran Bantuan Sembako untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS – LU) Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022. Hari Rabu 16 /11/2022

Berdasarkan penuturan Kadis Sosial H. Ahmad Fauzan Nasution, S.IQ, S.HI, M.Pdi bahwa Penerima Bantuan Sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan lanjut usia, warga binaan lembaga kesejahteraan sosial dan panti jompo di Kabupaten Padang Lawas berjumlah 603 orang.

“Bantuan sosial ini akan disalurkan ke beberapa LKS-SU/panti jompo yang tersebar di Kabupaten Padang Lawas. Untuk hari ini bantuan akan disalurkan sebanyak  77 paket sembako di Yayasan Pondok/Majelis Zikrulllah Binanga Kecamatan Barumun Tengah  Sedangkan untuk Kecamatan Sihapas Barumun bantuan sosial akan disalurkan sebanyak 60 paket sembako kepada penerima manfaat, yakni LKS – LU Rindu Desa Silenjeng 13, LKS – LU Desa Hatongga 10,  dan LKS -LU Al Ikhlas 37 paker sembako,” ujar Kadis.

Dia menambahkan, pada hari Selasa kemarin, (15/11/22) Dinas Sosial juga telah menyalurkan bantuan Sosial kepada LKS – LU Parsulukan Al Huda Sibuhuan sebanyak 60 paket sembako dan 40 paket sembako dI LKS – LU Rodang Salamat  Kecamatan Lubuk Barumun.

Seterusnya bantuan sosial akan disalurkan secara langsung oleh Tim Dinas Sosial kebeberapa LKS- LU lainnya yang tersebar di beberapa kecamatan lainnya.

“Disamping bantuan paket sembako pemerintah melaluii dinas sosial juga memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran dan Bantuan Kursi roda kepada penyandang disabilitas yang kali ini diberikan kepada Abdullah warga desa Aek Goti Kecamatan Sihapas Barumun,” jelasnya.

Plt. Bupati Padang Lawas dalam sambutannya di 2 tempat yang berbeda yakni di Kecamatan Barumun Tengah dan Sihapas Barumun,, menuturkan bahwa pada dasarnya bantuan sosial yang disalurkan sebagai wujud kasih sayang Pemerintah Kabupaten Padang Lawas kepada orang tua lanjut usia yang tinggal di pondok/panti jompo.

“Kami memang sengaja menyalurkan bantuan sosial  progres lanjut usia yang berada dipondok pondok parsulukan/panti jompo.  Tujuannya agar dapat meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia dan terciptanya rasa nyaman bagi para orang tua sehingga dapat menjalankan kehidupan sehari hari dengan tenang dan khusyuk ketika beribadah,” kata Plt.Bupati.

“Untuk itu saya berharap  agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” tambahnya .

Kemudian dihadapan para jamaah dan masyarakat Barumun Tengah ia kembali meminta suport dan kesabaran seluruh masyarakat atas program pemerintah baik yang sedang berjalan maupun yang telah diprogram untuk tahun depan.

“Kita telah sama sama  melihat, geliat pengerjaan peningkatan jalan provinsi sebagian sudah mulai berjalan. Saya tidak bosan bosannya mengajak masyarakat agar sabar dan mensuport kegiatan ini yang InsyaAllah, jalan dari Sungai korang sampai perbatasan Padang Lawas Utara akan rampung tahun 2023 dengan total anggaran 230 M rupiah. Aspirasi yang disuarakan masyarakat khususnya jalan tetap menjadi prioritas kami.

Kalau boleh saya bercerita,  setiap kali ke Medan dari tahun lalu sampai sekarang selalu menyempatkan waktu untuk sowan, sholat subuh dan sarapan pagi bersama Bapak Gubernur Sumatera Utara. Gunanya apa? Saya “mangelek”, memohon supaya jalan provinsi yang terbentang sepanjang Kabupaten Padang Lawas dan pembangunan lainnya dapat diluluskan Bapak Gubernur, ” kata Plt. Bupati.

“Dan Alhamdulillah, tahun ini usulan kita sudah dikabulkan, sebagian tinggal menunggu rampung dan sisanya akan selesai tahun 2023,” tambahnya.

Pada kesempatan yang berbeda di Kecamatan Sihapas Barumun Plt. Bupati  kembali berkomitmen sisa jalan yang belum dapat dikerjakan sepanjang 3.7 KM dari Desa Aek Goti sampai Jembatan Silenjeng akan rampung tahun 2023.

“Bapak/ibu sudah merasakan, sekarang jalan poros utama dari simpang marenu sampai ujung desa Aek Goti tahun ini sudah mulus, tinggal 3,7 kilo meter lagi menunggu anggaran tahun 2023. Bapak/ibu, yakinlah program yang kami buat semata mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Plt. Bupati.

Pada waktu yang berbeda Camat Barumun Tengah Sarwedi Hasibuan, S.Sos dan Camat Sihapas Barumun Lelliana Harahap, SE sama sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt. Bupati Padang Lawas dan kegembiraan masyarakat atas program kegiatan yang telah dilaksanakan pemerintah terkhusus kegiatan peningkatan kualitas jalan yang manfaat positifnya sangat dirasakan oleh masyarakat salah satunya mendorong laju perekonomian masyarakat di masing masing kecamatan.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.