Plt Bupati Palas Buka Kegiatan Perimtaq XIV 2023

0
30
Gambar: Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasarib CHt MM MSi MH secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Perimtaq tingkat Penggalang dan Penegak XIV tahun 2023, pada Kamis 9 Maret 2023.

TNews, PADANG LAWAS – Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasarib CHt MM MSi MH secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Perkemahan Iman Dan Taqwa (Perimtaq) tingkat Penggalang dan Penegak XIV tahun 2023.

Kegiatan Perimtaq Kwarcab Gerak Pramuka Kabupaten Palas berlangsung empat hari mulai 9-12 Maret 2023 di Bumi Perkemahan (Buper) Tor Sipiramanuk, Desa Surodingin, Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis (09/03/2023), tema kegiatan “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.

Kegiatan upacara pembukaan Perimtaq dipimpin Plt Bupati Palas bertindak sebagai inspektur upacara. Anggota Pramuka yang mengikuti Perkemahan Perimtaq berjumlah Penggalang 1.100 orang dan Penegak 695 orang jumlah keseluruh 1.795 orang.

“Kegiatan Perkemahan Perimtaq ini guna mewujudkan generasi muda yang mandiri, berdaya saing, dan berakhlak mulia,” kata Plt Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi MH yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Palas.

Dikatakan, Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat penting dan menentukan yang memberikan ruang sebagai wadah dan media dalam membangun generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian dan watak yang kuat.

“Gerakan Pramuka memberikan ruang untuk menbangun generasi muda yang cerdas, luhur budi pekerti yang tangguh, rukun serta bersatu,” ujarnya.

”Gerakan Pramuka juga menduduki peran yang telah menghantarkan kita dari zaman Jahiliyah ke zaman yang penuh peradaban,” tambah Plt Bupati.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan silaturahim serta meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dalam menciptakan kebersamaan.

Plt Bupati menyampaikan apresiasi atas kegiatan Perkemahan Perimtaq guna tercapainya tujuan mencetak kaum muda yang menjadi kader penerus bangsa yang religius, intelek, dan berwawasan luas.

Di kesempatan itu, Plt Bupati juga berpesan, Perkemahan Perimtaq ini mengandung banyak makna penting untuk meneguhkan komitmen membangun nilai-nilai patriotisme, nasionalisme, persatuan, perdamaian dan humanitas kemampuan, dan keterampilan yang merupakan cermin dinamika kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya Ketua Panitia, Asrul H Pasaribu SKM MEpid dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan Perkemahan Perimtaq untuk menjalin silahturahim antar anggota Pramuka Penggalang dan Penegak.

“Menjadikan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak yang berilmu, beramal dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa (YME) dan ajang silaturahim antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas dengan pembinaan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak,” ujarnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan Perkemahan Perimtaq untuk tingkat SMP atau MTs atau Penggalang berjumlah 1.100 orang dan tingkat SMA, SMK dan MA berjumlah sebanyak 695 orang

Asrul menambahkan, jenis perlombaan yang dipertandingkan di kegiatan Perimtaq XIV ini yaitu Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP), lomba Pionering, lomba Smaphore, lomba Sholat jenazah, lomba Nasyid dan lomba pidato.

“Kegiatan Perimtaq ini memperebutkan Piala bergilir juara umum Perkemahan Iman dan Taqwa,” katanya.*

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.