Plt Bupati Palas Buka MTQN Ke XIV Tahun 2023

0
28
drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt MM, M.Si secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023. Foto : Ridwan

TNews, PADANG LAWAS – Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt MM, M.Si secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023 di Lapangan Bola Bukit Berbunga Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, Selasa (28/02) sekira pukul 20.00 WIB.

Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt. Bupati Padang Lawas didampingi Forkopimda dan diringi suara azan yang menggema.

Plt. Bupati mengawali sambutannya, mengapresiasi tinggi seluruh kecamatan yang telah mempersiapkan kafilah terbaiknya untuk bersama mewujudkan tujuan mulia, membumikan Alqur’an di kabupaten yang kita cintai ini.

Lanjutmya, dengan mengikuti MTQ ini dengan sebaik-baiknya serta tulus, ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah SWT “Harapannya para generasi muda dan masyarakat termotivasi untuk mencintai Alqur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Hal ini sesuai dengan tag line MTQN ke XIV Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023 “Wujudkan Masyarakat Berkarakter Qur’ani Dalam Rangka Mensukseskan STQH ke-XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Utara”, kata Plt. Bupati.

Mari sukseskan Perhelatan MTQ ke XIV sebagai acuan persipan untuk mensukseskan STQH ke-XVIII tingkat provinsi sumatera utara di Kabupaten Padang Lawas, Ajaknya

Pada kesempatan ini pula, ia mengungkapkan bahwa prestasi para qori-qori’ah Kabupaten Padang Lawas pada event MTQ Nasional di Kalimantan Selatan Tahun 2022 silam sangat membanggakan, dimana putera putri terbaik kita atas nama Taufiq Hasibuan mendapatkan Juara Harapan III Cabang Khat Naskah Putra, Amelitul Khoiriah Nasution meraih Juara Harapan III Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, dan Microhani Siregar Juara Harapan III Cabang Tafsir Bahasa Arab Putri.

“Prestasi putra putri kita patut disyukuri. Ini membuktikan keaktifan LPTQ Kabupaten Padang Lawas bersenergi dengan semua pihak, baik dengan pemerintah daerah, Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, MUI Padang Lawas, para pelatih, para dewan hakim dalam membina qori-qori’ah, imbuhnya.

“Saya selalu berkeyakinan dan bukan sebuah mimpi lagi, jika bersungguh sungguh, bersama-sama bergandengan tangan dan memiliki visi-misi yang sama, putra-putri kita tahun ini akan dapat menjuarai MTQ ditingkat nasional bahkan tingkat internasional, ungkap Plt. Bupati.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Plt. Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dermawan yang telah mendukung dan mempersembahkan berbagai hadiah menarik untuk pemenang MTQ ini.

Hadiah tersebut berupa 7 paket umroh gratis, yaitu 2 paket umrah kepada pemenang tahfiz 30 Juz putra dan putri dari Travel Jannah Firdaus dibawah pimpinan Bapak Dandi Sutrisno bersama Ustad H. Sangkot Hasibuan, 1 pake umrah dari Aet Travel pimpinan H. Samrul Fuad Nasution dan Bapak Dr. H. Mukmin Saipul, S.Pd. M.Si 1 paket umrah bersama Aet Travel, 2 Paket umrah untuk pemenang MTQ dan 1 paket umrah kepada Camat yang berhasil membawa kecamatannya sebagai juara umum MTQ dari Travel Cahaya Palas pimpinan H. Ahmad Fauzan Nst.

Kemudian hadiah sepeda motor persembahan dari PT. Bank Sumut Cab. Sibuhuan sebanyak 2 unit , BRI Cab. Sibuhuan 1 unit dan dari PT. KAS 1 unit.

Partisipasi lembu dari PT. Mazuma Agro Industri 2 ekor dan 1 ekor dari Andri Elektronik.

“Mudah mudahan Allah SWT membalas niat baik dari saudara saudara dengan pahala yang berlipat ganda dan tentunya semakin sukses kedepannya, pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Selaku Ketua Panitia MTQ ke XIV tahun 2023 Arpan Nst, S.Sos dalam laporannya, MTQ ini akan dilangsungkan selama 4 hari, dari tanggal 28 Februari s/d 03 Maret 2023.

Dituturkannya, kegiatan MTQ ke-XIV tingkat Kabupaten Padang Lawas merupakan sarana menjalin silaturrahim antara pemerintah, ulama dan masyarakat padang lawas. Yang tujuannya untuk menumbuh kembangkan minat membaca, menulis dan mengamalkan isi Al-qur’an serta
mencari dan menyeleksi qori-qoriah, hafiz hafizah dan cabang lainnya dalam rangka persiapan mengikuti STQH ke-XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Padang Lawas.

Sedangkan cabang cabang tilawah yang dilombakan pada MTQ ke XIV sebagai berikut : Cabang Tahfiz 1–5 Juz dan Qiro’at, Tahfiz 10 dan 20 Juz, Tahfiz 30 Juz dan Tafsir, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Khattil Qur’an, Tartil Qur’an, Makalah Ilmiah Al-qur’an, Hadist Nabi, Qiro’atul Qutub Tingkat Ula’, Qiro’atul Qutub Tingkat Ulya dan Qiro’atul Qutub Tingkat Wustho, serta Cabang Debat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Adapun peserta yang mengikuti MTQ ini merupakan utusan 17 Kecamatan se-Kabupaten Padang Lawas, dengan jumlah peserta 1.108 orang sesuai dengan hasil verifikasi Tim Kementerian Agama dan LPTQ Kabupaten Padang Lawas. Peserta tersebut terdiri dari 519 orang putra dan 589 orang puteri.

Dan akan bertanding pada cabang-cabang sebagai berikut: Cabang MTQ sebanyak 8 cabang dengan jumlah peserta 653 orang,
Cabang Hadits 57 orang,
Cabang Qiro’atul Kutub dengan 4 cabang sebanyak 398 orang.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.