12 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sulut, 6 Berasal dari Acara Keagamaan Gowa

0
1002

TNews, KOTAMOBAGU – Juru Bicara (Jubir), Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel mengatakan 6 dari 12 kasus positif covid berasal dari acara keagamaan di Gowa Sulawesi Selatan. “Ada 6 yang positif yang berasal dari acara keagamaan di Gowa, Sulsel lalu, 5 di Kotamobagu dan 1 di Sangihe,” katanya, Kamis, (23/04/2020).

Menurutnya, 5 merupakan kontak erat dengan pasien yang sudah positif, kasus 06, kasus 15 dan kasus 16. Satu lagu pelaku perjalanan dari daerah transmisi lokal yang diisolasi di Rumah Isolasi Maumbi.

“Semuanya sudah masuk di ruang perawatan. Sebagian besar dari status orang tanpa gejala yang sudah kita isolasi mandiri sebelumnya karena kontak erat resiko tinggi dengan yang sudah positif sebelumnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk lonjakan tinggi kasus hari ini, sudah kami prediksi dari awal, karena kami mengirim sampel banyak sekali. Dalam lima hari terakhir kami mengirim sekitar 200 sampel untuk diperiksa. “Ratenya sebenarnya masih sama dengan yang lalu, karena lalu yang kami kirim setiap hari itu cuma sekitar 10 sampai 20 sampel,” imbuhnya.

Menjadi banyak karena kami memperluas cakupan pemeriksaan dan sudah mengidentifikasi spot-spot penularan seperti mereka yang datang dari acara keagamaan di Gowa itu. “Kami sudah mengantisipasi akan banyak yang positif dari group ini. Kami akan memperluas pemeriksaan swab di spot ini mungkin sekitar 97 orang yang akan diswab, sebagian besar sudah diswab,” pungkasnya.

 

Tim Totabuan.News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.