328 Warga Toraut Tolak Marten Wales Sebagai Plh Sangadi

0
268
Warga toraut saat mengunjungi kantor redaksi Media ini (foto: dar)
Warga toraut saat mengunjungi kantor redaksi Media ini (foto: dar)
Warga toraut saat mengunjungi kantor redaksi Media ini (foto: dar)
Warga toraut saat mengunjungi kantor redaksi Media ini (foto: dar)

TOTABUANEWS, Bolmong – Sekitar 328 warga Toraut Tengah menolak Pelaksana harian (Plh) Sangadi (Kepala Desa, red), yang ditunjuk oleh Pemerintah daerah (Pemda) Bolmong melalui Pemerintah Kecamatan Dumoga Barat .

Hal ini sebagaimana terungkap pada puluhan Warga Toraut Tengah Ketika mengunjungi kantor redaksi Totabuanews dijalan KS Tubun Kelurahan Matali Kotamobagu Timur (Kotim), Selasa (24./06). Sembari mengatakan, bahwa mereka menginginkan Sangadi yang mengetahui kebutuhan warga serta dekat dengan masyarakat Desa tersebut.

Dimana, mereka menilai sejak tahun 2012 silam hingga 16 Juni 2014 Pejabat sementara (Pjs) Sangadi Toraut Masril Bonde mampu memahami kebutuhan masyarakat di Desa mereka . Namun, tiba – tiba pihak Kecamatan kembali memberikan Surat Keputasan (SK) penganggkatan Pelaksana harian (Plh) Desa itu kepada plh Marten Wales yang terhitung sejak 16 Juni lalu. “Kenginan kami pemerintah Kecamatan mengangkat Sangadi yang memahami kebutuhan warga Toraut dan dekat dengan seluruh masyarakat di Desa kami itu,” kata Arudji Bonde yang dikenal sebagai Ketua Badan Pertimbangan Desa (BPD) Toraut.

Menurut Arujdi, keinginan mereka tuangkan dalam surat peryataan sikap yang telah mereka buat dan ditanda tangani 328 warga Toraut dari jumlah pemilih sekitar 400san itu. Dapat dipertimbangkan oleh Pemda Bolmong. “Pernyataan sikap ini akan kami serahkan ke Pemerintah Kecamatan, BPMD hingga dewan perwakilan rakyat daerah Bolmong,” ujar Arudji.

Dalam pernyataan sikap dibuat warga itu. Tak hanya masyarakat yang membubuhi tanda tangan. Namun, turut didukung oleh tokoh – tokoh Masyarakat di Desa tersebut. Seperti, Tokoh agama Sapii Paputungan, tokoh adat Saprudin Binolobangan, tokoh pemuda Risman Bonde, tokoh perempuan Nirjana Paputungan. “Kenginan kami agar jabatan Masril Bonde dapat diperpanjang sampai mengawal pemilihan Sangadi depinif setelah Pemilihan Presiden selesai,” tutur Arudji dan mambahkan bahwa pernyataan sikap yang teleh dijilid itu segera mereka serahkan.

Sayangnya, pihak Kecamatan maupun Pemda Bolmong belum terkonfirmasi hingga berita ini diturunkan. (dar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.