5 Makanan Asam Bisa Turunkan Berat Badan

  • Whatsapp

TNews, KESEHATAN – Walaupun rasanya asam namun makanan ini punya banyak manfaat kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan berat badan. Apa saja makanan asam tersebut?

Jika ingin menurunkan berat badan, makanan berikut bisa Anda coba. Walaupun rasanya asam namun kelima makanan ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

Makanan asam berarti mengandung vitamin C yang tinggi. Hal ini juga menandakan makanan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi. Makanan bercita rasa asam juga bisa terbuat dari bahan fermentasi makanan, salah satunya yogurt.

Makanan asam ini diantaranya lemon, jeruk, buah asam, yogurt, serta tomat. Dilansir dari Boldsky (13/2), kelima makanan ini dipercaya dapat menurunkan berat badan.

1. Lemon

Lemon jadi salah satu makanan asam yang diyakini dapat menurunkan berat badan. Sudah banyak juga yang menggunakan buah kuning terang ini sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, lemon juga banyak diolah sebagai minuman.

Lemon kaya vitamin C. Karena itu lemon memiliki zat antioksidan tinggi dan ini dapat digunakan untuk memerangi radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu manfaat lainnya dapat menurunkan berat badan.

Meminum perasan lemon setiap hari dipercaya dapat menurunkan berat badan. Apalagi jika mengonsumsinya di pagi hari dan dalam keadaan perut kosong. Karena perasan lemon ini dapat membuat perut terisi penuh dan membuat Anda lebih cepat kenyang.

2. Jeruk

Jeruk juga salah satu makanan atau buah yang rasanya asam. Berwarna oranye yang cantik jeruk juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Disebutkan Boldsky (13/2), jeruk tidak mengandung lemak sama sekali dan sangat kaya antioksidan.

Kandungan tersebutlah yang membuat jeruk jadi buah baik dikonsumsi untuk mereka para pelaku diet. Dalam 100 gram jeruk mengandung sebanyak 47 kalori saja. Kalorinya yang sedikit tersebut dapat membantu menurunkan berat badan dan dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Walau kalorinya sedikit, namun jeruk mengandung serat yang tinggi dan akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jeruk yang tinggi akan zat antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat diet, Anda bisa menggunakan jeruk sebagai camilan pengganti makanan tidak sehat.

3. Buah Asam

Seperti namanya ‘asam’, buah ini memang rasanya asam. Buah asam banyak digunakan untuk tambahan rasa pada makanan. Ada juga yang mengonsumsinya sebagai minuman dan permen.

Buah asam mengandung senyawa polifenol yang di dalamnya terdapat zat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu dalam mencegah beberapa penyakit. Buah asam kaya akan vitamin C yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi satu kali dalam seminggu.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa di dalam buah asam terdapat kandungan hydroxycitric acid (HCA). Kandungan tersebut sangat membantu dalam penurunan berat badan. Dimana zat tersebut dapat digunakan untuk menyimpan lemak.

4. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang ciri khasnya asam. Yogurt terbuat dari susu sapi yang telah difermentasi. Yogurt yang baik dikonsumsi oleh para pelaku diet adalah yang rendah lemak.

Yogurt rendah lemak memiliki kandungan protein yang tinggi, kalsium, vitamin, serta probiotik. Kandungan tersebut tak hanya dapat menurunkan berat badan namun juga dapat membantu meningkatkan kesehatan lainnya.

Adanya kandungan probiotik karena yogurt dilengkapi dengan bakteri baik yaitu laktobasilus. Bakteri ini dipercaya menyehatkan usus. Selain kesehatan usus, yogurt dapat melunturkan lemak dalam perut.

5. Tomat

Satu lagi makanan asam yang dapat menurunkan berat badan, tomat. Cara kerjanya adalah melalui melunturkan lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh. Karena itu banyak pelaku diet menggunakan tomat sebagai makanan mereka.

Tomat bisa dikonsumsi langsung, dijadikan jus buah, atau dimakan bersama salad yang segar. Kalorinya yang rendah membuat tomat jadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan. Tomat juga tinggi antioksidan yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.

Zat antioksidan didapatkan dari leptin yang terkandung di dalam tomat. Leptin merupakan sejenis protein yang membantu untuk mengatur laju metabolisme. Serta berperan mengatur nafsu makan dengan baik.

Sumber: Detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.