ADD Untuk Desa Persiapan di Banrol 55 juta

0
194
Alokasi Dana Desa
Alokasi Dana Desa

Totabuanews.com, Bolsel – Alokasi Dana Desa (ADD) di kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) pada tahun anggaran 2012 mencapai 6.6 miliar rupiah. Besaran dana ini, diperuntukan untuk 74 desa definitf dan 14 desa persiapan.Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Ridel Paputungan mengatakan, angka tersebut yang nantinya akan dikucurkan disejumlah desa, dilihat dari luas wilayah yang ada.

“ Semua desa yang menerima kucuran ADD besarannya tentunya tidak sama. Indikatornya dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk didesa tersebut,” kata Ridel.

Dari beberapa indikator itu bukan hanya luas wilayah dan jumlah penduduk kata Ridel. Akan tetapi dilihat dari jumlah anak yang putus sekolah, jarak tempu dari desa ke ibukota kabupaten, serta jumlah penduduk miskin. Untuk dana 6.6 miliar yang disediakan pada tahun anggaran 2012 ini, desa persiapan rata-rata dikucurkan 55 juta perdesa. Sementara untuk penyaluran ADD lewat PT Pos Indonesia.

“ Semua pencairan sudah tidak lagi ditangani oleh BPMD. Melainkan dicairkan secara langsung di kantor Pos. Kucuran itu sesuai dengan Permendagri nomor 149 tahun 2007 tentang pentunjuk pengelolaan alokasi dana desa,”terangnya.

Bahkan lanjut Ridel,untuk kucuran ADD sesuai dengan Permendagri nomor 149 tahun 2007, sudah tidak lagi dikucurkan pertriwulan melainkan dicairkan sekaligus ujarnya. (chan/hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.