Kerja Nyata Anggota DPR-RI Hj. Dewi Coryati Menyelenggarakan Seminar Dukungan Pendampingan Program Prioritas GTK Di Kabupaten Kaur

0
163

TNews. KABUPATEN KAUR-  Sebagai wujud nyata kinerja serta kepedulian terhadap para guru, Anggota DPR-RI Hj. Dewi Coryati M. Si., Menyelenggarakan Seminar Dukungan Pendampingan Program Prioritas GTK dalam mendukung merdeka belajar pada balai guru penggerak Provinsi Bengkulu. Dengan Tema “Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Kapasitas Kepemimpinan Pembelajaran Seorang Guru”. Di Gedung Serba Guna Kabupaten Kaur, 31/07/2023.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh
Perwakilan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bengkulu M. Ranis, S.E., Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur Imam Sardjono, S.Pd., Narasumber/Praktisi Pendidikan Prof. Sudarwan Danim,. Serta Guru-Guru Peserta perwakilan dari SMA, SMP, SD Sekabupaten Kaur.

Sambutan Anggota DPR-RI Hj. Dewi Coryati M.Si,dalam kegiatan seminar pendampingan guru GTK, digedung serba guna Kabupaten Kaur, Senin (31/07/2023)

Dalam Sambutannya Anggota DPR-RI yang merupakan salah satu Putri terbaik Kabupaten Kaur ini diawali dengan sebuah pantun pembuka, Jalan jalan ke pagar dewa, Beli sepatu berwana biru, Buah duku buah pepaya, Semangat pagi saudaraku semuanya. Hj. Dewi Coryati M. Si.,Mari bersama tingkatkan kapasitas kepemimpinan pembelajaran seorang guru”.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Balai Guru Penggerak Provinsi Bengkulu dalam menyelenggarakan kegiatan dukungan pendampingan program prioritas GTK dalam mendukung merdeka belajar. Terselenggaranya kegiatan ini menandakan bahwa kita bersama-sama berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya juga saya ucapkan kepada Bapak/Ibu Guru yang telah bekerja keras dan berdedikasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air. Tugas mulia sebagai seorang pendidik tidaklah mudah, namun semangat dan komitmen Bapak/Ibu Guru dalam menghadirkan suasana belajar yang inspiratif dan bermakna bagi para siswa adalah sesuatu yang sangat membanggakan.” Ujar Hj. Dewi Coryati.

Fhoto bersama Hj. Dewi Coryati M.Si, Bersama Peserta Seminar

Anggota DPR-RI Hj. Dewi Coryati M. Si., melanjutkan dengan pemaparan terkait dengan Guru Penggerak, Guru memiliki peran krusial dalam membentuk dan mengembangkan potensi peserta didik, serta memainkan peran sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran. Meningkatkan kapasitas kepemimpinan pembelajaran seorang guru akan berdampak signifikan pada kualitas proses belajar-mengajar dan pencapaian hasil belajar siswa. Dalam era Merdeka Belajar, peningkatan kualitas guru harus menjadi prioritas utama, dan melibatkan guru penggerak adalah langkah yang tepat karena mereka memiliki pengalaman dan dedikasi yang luar biasa dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah mereka.

Program Prioritas GTK merupakan salah satu tonggak penting dalam mencapai cita-cita “Merdeka Belajar” yang telah diamanatkan oleh pemerintah. Dengan adanya program ini, diharapkan kualitas pembelajaran di seluruh tingkatan sekolah akan semakin meningkat, sehingga para generasi muda Indonesia siap menghadapi tantangan masa depan. Penting sekali bagi kita untuk memahami dan mendukung peran Guru Penggerak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih efektif dan berdaya guna. Guru Penggerak adalah ujung tombak dalam membawa perubahan di tingkat sekolah. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan, mulai dari pemerintah, lembaga pendidikan, komunitas, hingga masyarakat secara keseluruhan.

Gambar: Mr. Mish

Peran Guru Penggerak dalam meningkatkan kapasitas kepemimpinan pembelajaran seorang guru sangatlah krusial. Dengan menjadi contoh dan inspirasi bagi rekan-rekan guru lainnya, mereka mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, inovatif, dan menyenangkan bagi siswa. Guru Penggerak juga dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.

Di samping itu, peran Guru Penggerak juga berperan aktif dalam memberdayakan rekan-rekan guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka. Dukungan berupa pelatihan, bimbingan, serta pendampingan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif akan sangat membantu menciptakan generasi muda yang memiliki daya saing global.

Marilah kita jadikan momentum berharga ini sebagai panggilan untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi generasi penerus bangsa. Jadikan semangat kebersamaan dan kolaborasi sebagai kunci dalam meraih cita-cita bersama. Tutup Hj. Dewi Coryati.

Reporter: Mr. Mish

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.