Aset Minut Bertambah 40 Miliar Rupiah

0
33

Kemenhub RI Hibahkan Pelabuhan ASDP Munte Likupang

Bupati Minut Joune J.E Ganda, SE, MAP, MM, MSi

Joune Ganda : Dengan diserahkan aset Pelabuhan Angkutan sungai dan penyeberangan (Asdp) munte Likupang di desa Munte, Minahasa Utara ketambahan aset senilai 40 Miliar rupiah, sebagai ini merupakan bentuk perhatian Presiden Jokowi melalui Kementerian Perhubungan untuk menunjang DPSP Likupang

Pelabuhan ASDP Munte Likupang yang terletak di desa Munte Kecamatan Likupang Barat sebagai salah satu aset yang berguna mendokrak PAD kabupaten Minahasa Utara. (Foto : Ist)

TNews, Minut Sulawesi Utara РKabupaten Minahasa Utara (Minut), yang memiliki Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, saat ini mendapatkan penambahan aset senilai 40 Miliar Rupiah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, berupa Pelabuhan Likupang di desa  Munte Likupang Barat, yang melayani penyeberangan antar pulau di Sulawesi Utara.
Hal ini diungkapkan Bupati Minut Joune J.E Ganda, SE, MAP, MM, MSi pada wartawan, Jumat (27/01/2023) dalam jumpa akrab dengan awak media di Minut bertajuk Coffe Morning di Atrium kantor bupati.
“Dengan diserahkan aset Pelabuhan Likupang di desa Munte ini, Minahasa Utara ketambahan aset senilai 40 Miliar rupiah, sebagai ini merupakan bentuk perhatian Presiden Jokowi melalui Kementerian Perhubungan untuk menunjang DPSP Likupang,” jelas Joune.
Selanjutnya bupati mengatakan, manfaat lain dengan diserahkannya aset tersebut, Pemkab Minut melalui dinas Perhubungan tentu dapat mengelolah dan menerapkan retribusi terhadap kapal yang akan melaksanakan aktivitas bongkar muat disana, bahkan juga mengelolah retribusi terminal penumpang dan ini tentu adalah Pendapatan Asli Daerah,” jelas Joune Ganda.

Pelabuhan Likupang tampak dari udara, terlihat lengkap dengan fasilitas terminal penumpang dan dermaga. (Foto: Ist)

Sementara itu Plt Kadis Perhubungan Minut Max Wurarah mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan diri dalam pengelolahan Pelabuhan Penyeberangan Likupng Munte, termasuk optimalisasi pendapatan lewat retribusi yang diterapkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kadis Perhubungan Max Wurarah dan jajaran di kompleks pelabuhan ASDP Munte Likupang (Foto: Ist)

“Dengan operasional ASDP Munte Likupang oleh Pemkab Minut dalam hal ini Dinas Perhubungan, kami akan bekerja semaksimal mungkin dalam pengelolahan terutama mendongkrak PAD Minut,” kata Max. (Penulis Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.