Astaga!!! Ada Oknum Mengaku Honorer Dukcapil Boltim Bawa Surat Pernyataan ke Pemilih Suket

0
340

TNews, BOLTIM – Nama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dicatut oknum tertentu. Oknum tersebut mengaku sebagai pegawai honorer di instansi tersebut dan membawa surat pernyataan untuk ditandatangani pemilih yang menggunakan surat keterangan pada Pilkada 9 Desember lalu.

“Kita so ada KTP, tapi kita pe nama ada di daftar belum ba rekam. Meilan (oknum yang mengaku honorer Dinas Dukcapil) bilang dia ba honor di Capil (Dinas Dukcapil). Yang ba suru pa dia Pak Hendra. Pak Hendra bilang pi cari ini orang-orang Modayag ini,” sebut Fazriawati Andi Condang, warga yang diminta menandatangani surat pernyataan bermaterai oleh oknum yang mengaku honorer di Dinas Dukcapil tersebut.

Ia mengungkapkan, oknum tersebut mengatakan kepada dirinya bahwa surat pernyataan itu berisi soal penjelasan sudah memiliki KTP. “Dia suru tanda tangan itu surat. Surat itu menyatakan bahwa kita so ada KTP. Abis tanda tangan dia langsung ambe itu kertas. Abis itu dia suru pangge kita pe tamang depe nama Sri Ningsih Lagaruda,” ungkapnya.

Ia mengaku keberatan karena sudah terlanjur menandatangani surat pernyataan tersebut. “Dia bilang surat pernyataan itu bahwa so ba rekam. Padahal isi surat itu menjelaskan bahwa memilih di tanggal 9 Desember menggunakan surat keterangan manual. Padahal kita ada undangan deng KTP. Kita keberatan karena ada ba tanda tangan surat yang nda sesuai depe isi itu. Ada cari di rumah pa dia so nda ada,” sebutnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Rusmin Mokoagow, mengaku tidak pernah mengeluarkan surat pernyataan seperti yang dibawa oknum tersebut. “Tidak ada. Kami tidak pernah mengeluarkan surat begitu. Kemudian juga tidak ada honorer kami yang bernama Meilan,” katanya, saat dikonfirmasi kemarin.

Jika oknum tersebut benar mengatasnamakan honorer Dinas Dukcapil, ia mengatakan akan membawa persoalan itu ke ranah hukum. “Kalau ini benar, akan kita laporkan ke polisi karena sudah mencatut nama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarnya.

 

Tim Totabuan News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.