Bahaya Lipan Laut Ancam Terumbuh Karang, Ini Upaya BTNKT

0
557
Ribuan Lipan laut yang berhasil di angkat ke darat

TNews, AMPANA – Lipan laut adalah salah satu hewan laut yang memiliki daya rusak terumbuh karang yang begitu hebat sehingga perlu penanganan maksimal agar kerusakan terumbuh karang bisa berkurang. Hal itu disampaikan kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) Kabupaten Tojo Una Uan Ir Bustang saat berbincang-bincang dengan Tim Totabuan News.

Menurutnya lipan laut adalah salah satu hewan perusak terumbuh karang yang sangat berbahaya dan banyak tersebar di wilayah Kepaulauan. “Hingga saat ini upaya yang kita terus lakukan yakni pengangkatan lipan laut yang mengancam kerusakan terumbuh karang dan itu terus kita lakukan. Hampir tiga tahun terakhir  ini kita lakukan pengangkatan lipan laut. Dan saat ini ada Yayasan konservasi kepulauan Togean (YKKT) yang diketuai oleh Stevany warga Negara Scotlandia bersama sama dengan kita terus melakukan pembersihan lipan laut,” jelas Bustang.

Kata Bustang lagi, ada sejumlah titik yang saat ini masih menjadi fokus kita untuk mengangkat lipan laut yakni pulau Una Una, Kadidiri dan sekitarnya dan saat ini di Pulau Papan.”Ada sekitar 2000 lipan laut yang berhasil kita angkat,” katanya.

Lanjut Bustang, lipan laut masih menjadi momok yang menakutkan sebab kerusakan akibat lipan laut ini sangat tinggi, kemudian bom, bius, sampah. Dia juga berharap kerjasama kerjasama yang dilakukan seperti yayasan  mili stevani. “Sehingan harapan kita tetumbuh karang ini bisa terjamin dan terjaga dengan baik di masa yang akan datang,” tuturnya lagi.

Ditambahkan juga bahwa pihak TNKT terus melakukan sosialisasi kepada seluruh Masyarakat, untuk menjaga dengan baik alam laut kita agar jauh dari kerusakan kerusakan.

 

Dales

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.