Bandara BMR fix di Lolak

0
529
PT Conch Bertahan, Bolsel Terima ‘Bola Muntah’
ilustrasi bandara
ilustrasi bandara
ilustrasi bandara

TOTABUANEWS, Lolak – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Raya (BMR), khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), patut berbahagia. Pasalnya pembangunan Bandar Udara (Bandara), bakal dibangun di Kabupaten Bolmong.

Hal ini, sebagaimana surat dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Udara, bernomor AU 101/7/23/DRJU.DBU-2014, perihal hasil evaluasi kelayakan Bandar Udara, tertanggal 20 November 2014, yang ditujukan kepada 1. Bupati Bolaang Mongondow Selatan dan 2. Bupati Bolaang Mongondow, dengan tembusan 1. Menteri perhubungan RI, 2. Gubernur Sulut, dan 3. Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII di Manado.

Dalam isi surat yang ditandatangani Direktur Jendral Perhubungan Udara, Bambang Tjahjono itu berbunyi:
1. Merujuk surat Bupati Bolmong Selatan bernomor 900/350/IX/2014/Sekr tanggal 8 September 2014 perihak permohonan evaluasi dan persetujuan kelayakan Badara baru dan surat Bupati Bolmong nomor 800/D.05/DPKI/409/IX/2014 tanggal 11 September 2014 perihal penyampaian perbaikan hasil study bandara serta memperhatikan ketentuan dalam peraturan menteri perhubungan nomor PM 69 tahun 2013 tentang kebandarudaraan Nasional, dengan hormat menyampaikan bahwa untuk mengakomodir kebutuhan pelayanan transportasi udara diwilayah Kabupaten Bolmong Selatan, Kabupaten Bolmong, Kota Kotamobagu dan Kabupaten disekitarnya, maka saat ini hanya diperlukan satu badara baru diwilayah tersebut.
2. Berdasarkan evaluasi terhadap laporan study kelayakan yang disusun oleh Pemkab Bolmong Selatan dan Bolmong, dapat disimpulkan:
A. Usulan lokasi badara di Kabupaten Bolmong Selatan, tidak dapat diproses lanjut antara lain karena rencana lokasi bandara yang diusulkan mempunyai keterbatasan dalam rencana pengembangan jangak panjang dengan adanya beberapa kendala operasional (obstacle berupa bukit dan gunung yang akan mengakibatkan terbatasnya pelayanan prosedur pendaratan dan lepas landas hanya satu arah untuk pesawat berbadan lebar) serta potensi kendala lingkungan/sosial dengan adanya pemukiman masyarakat yang berada pada area yang digunakan sebagai fasilitas sisi udara.
B. Usulan lokasi badara di Kabupaten Bolmong, dapat ditindaklanjuti dengan kajian lebih rinci dalam study rencama induk badara.
3. Demikian disampaikan atas perhatian diucapkan terimah kasih.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dihubkominfo) Bolmong, Drs Eka Putra Utama Korompot MSi, ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada kementrian Perhubungan dalam hal ini, Direktorat Jendral Perhubungan Udara, yang mempercayakan Kabupaten Bolmong, untuk dibangun bandara.
“Hasil evaluasi kelayakan Badara baru, yang mengusulkan Kabupaten Bolmong dapat ditindaklanjuti dibangun badara, merupakan angin segar atau langkah baru atas harapan Pemkab Bolmong serta seluruh masyarakat Bolmong Raya, untuk dibangunnya badara diwilayah Kabupaten Bolmong,” ucap Korompot.
Dirinya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Bolmong Raya khususnya Bolmong, untuk mensukseskan pembangunan badara ini.
“Mari kita sukseskan pembangunan bandara ini, selain untuk fasilitas alat transportasi udara, ini juga untuk penunjang PBMR,” ajaknya.

 

Tim Totabuanews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.