Belum ada SPJ, Dana BOS 2013 Ditahan Pusat

0
163

BOS-danaTotabuanews.com, Bolsel – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2013 hingga kini masih tersendat di kas pemerintah pusat. Tersendatnya dana tersebut dikarenakan, karena hingga kini masih terbentur dengan laporan di setiap sekolah.” Dananya masih belum dikucurkan. Karena masih melengkapi data pelaporan disetiap sekolah,”kata kabid Dikdasmenpora Ramly Abdul Majid kepada wartawan senin (14/01/2013). Menurutnya, dalam pengusulan dana BOS harusnya sudah selesai secara keseluruhan pelaporan penggunaan Dana BOS dari tiap-tiap sekolah pada tahun anggaran 2012 lalu.

“Saat ini Kami masih Menunggu pelaporan dari Sekolah-sekolah tentang penggunaan dana BOS,”kata Ramli. Meskipun dalam melakukan pencairan harus melalui rekomendasi dari dinas namun hal tersebut merupakan fungsi kontrol yang dilakukan oleh Diknas untuk memantau langsung proses penyaluran dana BOS ke rekening sekolah. Dikaitkan dengan pelaporan tahun 2012 lalu untuk triwulan 1 sampai dengan triwulan 4 masih banyak sekolah yang belum melaporkan penggunaan Dana BOS kata Ramli. Sebab laporan penggunaan dana wajib untuk dilaporkan sebagai pelaporan penggunaan dana.

Sebab laporan tersebut menjadi pegangan dalam setiap pemeriksaan baik oleh BPK maupun Inspektorat,”tambahnya. Meski demikian kata Ramli, untuk pemeriksaan merupakan kewenangan Inspektorat yang memiliki kewenangan. Sementara dari data yang didapat pada pemeriksaan Inspektorat tahun lalu, terjadi banyak temuan. Termasuk pembayaran pajak kepada daerah,”bebernya Ramly. (chan/hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.