Bertemu Spanyol, Italia Dihantui Rekor Buruk

0
201

TNews, BOLA – Laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol akan berlangsung pada Rabu dinihari 7 Juli 2021. Skuad Azzurri memiliki rekor buruk dalam 10 pertemuan terakhir.

Timnas Italia dan Timnas Spanyol secara keseluruhan pernah bertemu 37 kali. Dari jumlah itu, Italia berhasil meraih 11 kemenangan sementara Spanyol 13 kemenangan, 13 laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dalam 10 pertemuan terakhir, Italia memiliki catatan buruk. Mereka menderita lima kekalahan dan hanya dua kali menang, tiga laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan terakhir Italia atas Spanyol terjadi pada babak 16 besar Euro 2016. Saat itu gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle memastikan langkah skuad asuhan Antonio Conte ke babak perempat final.

Setelah itu, Spanyol menjadi momok yang menakutkan bagi Italia. Tim Matador berperan besar dalam kegagalan Italia melaju ke Piala Dunia 2018. Pada babak kualifikasi, Spanyol berhasil menang 3-0 pada pertemuan pertama dan menahan imbang 1-1 pada pertemuan kedua.

Di ajang Piala Eropa, Spanyol dan Italia tercatat pernah bertemu enam kali. Kedua tim sama-sama berbagi dua kemenangan dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dua kemenangan Spanyol itu selalu diraih di babak gugur, perempat final Euro 2008 dan final Euro 2012, sementara Italia hanya sekali menyingkirkan Spanyol, 16 besar Euro 2016.

Pada perempat final Euro 2008, kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Penjaga gawang Timnas Spanyol, Iker Casillas, berhasil Menahan tendangan Antonio Di Natale dan Daniele De Rossi sementara penjaga gawang Timnas Italia Gianluigi Buffon hanya mampu menepis eksekusi Dani Guiza. David Villa yang menjadi penendang kelima Spanyol sukses menjalankan tugasnya sehingga mereka melaju ke babak semifinal. Spanyol pun menjadi juara Euro 2008 setelah mengalahkan Jerman di partai final.

Empat tahun berselang, kedua tim kembali bertemu. Mereka sebenarnya dua kali bertemu di ajang Euro 2012. Sama-sama bergabung di Grup C, Italia dan Spanyol bermain imbang 1-1 pada laga pembuka penyisihan grup. Spanyol akhirnya lolos ke 16 besar sebagai juara grup sementara Italia di posisi kedua.

Mereka bertemu lagi pada partai final turnamen itu. Kali ini Spanyol menegaskan dominasinya atas Italia dengan meraih kemenangan 4-0.

Timnas Spanyol masih menyisakan beberapa pemain dari skuad di Euro 2012 itu. Mereka adalah Jordi Alba dan Sergio Busquets. Alba menyumbang satu gol pada partai final saat itu. Sementara di Timnas Italia saat ini masih ada Chiellini dan Leonardo Bonucci yang ikut bermain pada final Euro 2012.

Laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol akan berlangsung pada Rabu dinihari 7 Juli 2021 pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, iNews dan MolaTV.

 

Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.