BKDD Bolmong: Panselnas Penentu CPNS Lulus

0
356
Zainudin Paputungan SE-
Zainudin-Paputungan-SE-
Zainudin-Paputungan-SE-

TOTABUANEWS, Bolmong – Sebanyak 459 Calon Pagawai Negeri Sipil (CPNS) yang melamar untuk menjadi PNS di jajaran Pemkab Bolmong, sudah mengikuti tes atau ujian di kantor BKN regional XI Manado, dengan menggunakan sistem CAT.
Namun, walaupun hasil ujian/tes sudah bisa langsung diketahui capaian passing grade-nya, akan tetapi, penentuan akhir siapa yang dinyatakan lulus menjadi PNS, ada di tangan Panitai Seleksi Nasional (Panselnas).

Hal ini, sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Zainudin Paputungan SE MAP, melalui Kepala Seksi (Kasi) Formasi, Maarief Mokodompit, ketika dihubungi harian ini.
“Yang menentukan lulus adalah Panselnas. Dan daerah, tinggal menungu hasilnya dan akan diumumkan,” ungkap Maarief.
Dikatakan Maarief, walaupun sebagaimana hasil tes passing grade para pelamar tinggi, namun belum bisa dipastikan yang mersangkutan lulus.

“Sebagaimana Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) nomor 29 tahun 2014, tentang nilai ambang batas, nilai passing grade, intelegensi, karekteristik dan wawasan kebangsaan, harus mencapai stndar yang suidah ditentukan,” jelasnya.

“Jadi walaupun passing grade tinggi, tapi nilai antara intelegensi, karakteristik, maupun wawasan kebangsaan, tidak sesuai dengan Permenpan-RB itu, maka bisa dinyatakan tidak lulus. Pokonya yang merengking adalah Panselnas,” ujar Maarief.
Lanjutnya, hasil ujian CPNS asal Bolmong, yang digelar Senin lalu, langsung dikirim ke Panselnas.
“Pokoknya, hasil ujian sudah langsung dikirim ke Panselnas,” akunya lagi.

Saat disingung mengenai kapan hasil seleksi diumumkan, Maarief Mokodompit mengatakan, jika BKD Bolmong, tidak dapat memastikan, dikarenakan itu merupakan kewenangan dari Panselnas.
“Tidak tahu kalau kapan pengumumannya, soalnya hasil seleksi seluruh daerah-daerah di Indonesia, Panselnas yang memeriksanya,” kata Maarief.

Untuk itu, dirinya meminta agar seluruh peserta tes CPNS, dapat bersabar menunggu hasil pemeriksaan Panselnas.
“Panselnas yang memeriksa, daerah tinggal mengumumkan. Pokoknya jika hasilnya sudah diserahkan Panselnas, maka daerah akan langsung menumumkannya,” tutupnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan tes CPNS Bolmong di kantor BKN reginal XI ini, dibuka resmi oleh Bupati Hi Salihi Mokodongan, didampigi kepala BKN Regional XI Manado, Englis Nainggolan SH MH.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.