Boltim Berpeluang Jadi 5 Dapil

0
165
Arfan Palima
Arfan Palima
Arfan Palima

Totabuanews.com, Boltim – Menjelang Pemilhan Umum (Pemilu) 2014 nanti, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ternyata berpeluang menjadi lima Daerah Pemilihan (Dapil).

Hal ini seperti dikatakan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boltim, Arfan Palima kepada sejumlah wartawan pihaknya mengatakan, sesuai aturan suatu wilayah dapat ditentukan menjadi satu dapil jika memiliki minimal 3 kursi.

“Penetapan dapil rencananya pada bulan Maret. Sisi aturan setiap dapil itu harus memiliki minimal 3 kursi dan maksimal 12 kursi. Sehingga untuk Boltim bisa dimungkinkan memiliki 5 dapil sesuai masing-masing kecamatan,” jelas Palima.

Lanjut mantan juru bicara Pemkab Boltim ini menjelaskan selain dari sisi administrasif (kecamatan) tersebut bisa juga dilakukan sesuai pembagian wilayah geografisnya menjadi 3 dapil atau pembagian dapil dengan pendekatan etnis. “Bulan Pebruari akan ada agenda konsultasi publik dengan partai politik untuk membahas pembagian Dapil sebelum ditetapkan KPUD,” ungkap Palima.

Lanjutnya mengungkapkan penetapan dapil dipengeruhi jumlah penduduk disuatu wilayah dan penetapan jumlah kursi. Jelasnya, esuai data agregat kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang diserahkan pemerintah Kabupaten (Pemkab) terdapat 80 912 penduduk yang tersebar di 5 kecamatan.

“Kecamatan Modayag 25.765 jiwa mendapat jatah 6 kursi, Kecamatan Modayag Barat 11.765 jiwa dan Tutuyan 13 940 masing-masing 3 kursi, Kotabunan 14.057 jiwa dan Nuangan 15 552 jiwa masing-masing 4 kursi dan totalnya 20 kursi,” terang Palima.

Sementara itu terkait tahapan pendaftaran calon legislatif oleh parpol ke KPUD dimulai pada, 9-15 April. Setiap parpol bisa mengusulkan jumlah calon sebanyak kuota yang di perebutkan dalam dapil tersebut. (edmon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.