Buka Dialog dan Rakor Kepariwisataan, Ini Pesan Bupati Touna

0
40

TNews, TOUNA – Bupati Tojo Una Una Muhammad Lahay SE,MM resmi membuka Dialog Dan Rapat Koordinasi Kepariwisataan yang di gelar Di Gedung Auditorium Pemda Touna,Rabu 19 Januari 2022.

Dalam sambutannya Bupati Muhammad Lahay mengatakan bahwa tahun 2022 merupakan awal tahun pelaksanaan RPJMD Kabupaten Tojo una-una pemulihan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui pemantapan trisula pembangunan akan tema pembangunan sesuai dengan strategi dan arah kebijakan RPJMD Kabupaten Tojo una-una,jelasnya di awal sambutan.

Serta mewujudkan pencapaian misi memantapkan trisula pembangunan ekonomi yang bertumpu pada sektor pertanian perikanan kelautan dan pariwisata yang berkelanjutan yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

Lanjut Bupati berdasar pada percepatan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan maka pemerintah daerah menganggap penting dan perlu mengadakan pertemuan dengan berbagai stakeholder pendukung kepariwisataan yang bertujuan untuk menghasilkan kesepakatan bersama terhadap arah pembangunan pariwisata dengan mengedepankan sistem kolaborasi pentahelix oleh karenanya hari ini kita bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk mengikuti kegiatan dialog dan rapat koordinasi kepariwisataan, tuturnya.

Kita ketahui bersama bahwa pandemi covid 19 dalam hankam industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sejak Maret 2020 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Kabupaten Tojo una-una mengalami penurunan jika ditotal sepanjang tahun 2020 wisatawan mancanegara dan nusantara yang masuk ke Kabupaten Tojo una-una hanya sekitar 7606 orang dan tahun 2021 jumlah kunjungan sebanyak 7990 orang.”angka tersebut sangat menurun jika dibandingkan tahun 2019 yang mencapai kurang lebih 11407 orang dan di tahun 2018 ada sekitar 20405 orang wisatawan, jelasnya.

Adanya pembatasan sosial berskala besar di seluruh dunia dan tertutupnya akses keluar-masuk Indonesia yang menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan mancanegara,tandasnya.

Dikatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah untuk menyelamatkan pariwisata di Kabupaten Tojo una-una di mana dilakukan pembukaan secara bertahap tempat-tempat wisata dengan menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata hotel dan restoran serta melakukan vaksinasi kepada masyarakat agar menimbulkan rasa aman bagi calon wisatawan yang akan berkunjung, paparnya lagi.

Melalui kegiatan ini saya menghimbau dan mengharapkan kepada para kepala UPTD yang berkaitan langsung dengan pengembangan kepariwisataan serta seluruh pelaku industri pariwisata dan pemangku kepentingan lainnya yang ada di Kabupaten 70 untuk terus berdiri berkolaborasi serta bahu-membahu mengembangkan pariwisata di tengah pandemi covid 19 yang kita harapkan bersama segera berakhir.

Kita ketahui bersama bahwa kepariwisataan tidak dapat berkembang tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak baik itu hari dari internal pemerintah sendiri para akademisi dukungan dari pihak swasta para komunitas para pelaku pariwisata serta media cetak maupun elektronik. Melalui kesempatan ini juga saya menginstruksikan kepada seluruh peserta dan para kepala UPTD yang hadir untuk tetap berada di tempatnya mengikuti kegiatan sampai dengan selesai.

Saya berharap kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat menghadirkan sebuah rekomendasi bersama yang menjadi komitmen dalam pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Tojo una-una saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, tutupnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.