Bupati Bolmong Serahkan Dokumen IUP kepada Gubernur Sulut

0
308

ADVERTORIAL

Bupati dan wakil bupati Bolmong
Bupati dan wakil bupati Bolmong

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi Mokodongan, menyerahkan dokumen perijinan pertambangan mineral dan batubara kepada Gubernur Sulut DR SH Sarundajang. Penyerahan dokumen perijinan pertambangan mineral dan batubara dari Pemerintah Kabupaten/kota ini digelar di ruang CJ Rantung lantai II kantor Gubernur Sulut, Rabu kemarin.

Penyerahan ini, merupakan tindak lanjut pelaksanaan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, dimana dalam salah satu pasalnya menyatakan bahwa kewenangan penerbitan ijin usaha pertambangan (IUP) dialihkan dari Pemerintah Kabupaten / Kota menjadi kewenangan Pemerintah Propinsi. Penyerahan Dokumen IUP tersebut dilaksanakan setelah melalui penandatanganan berita acara oleh Gubernur Sulut DR SH Sarundajang dan Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi Mokodongan.

Dalam sambutannya Gubernur Sulut SH Sarundajang mengatakan, penyerahan dokumen IUP tersebut merupakan tahapan wajib dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan di bidang pertambangan mineral dan di bidang lingkungan hidup. “Pemprop Sulut, akan mengawasi setiap IUP yang beroperasi di wilayah Sulut,” kata Sarundajang. “Jika izinnya masih jalan tapi tak ada kegiatan, maka izinnya akan dicabut. Atau kegiatannya masih berjalan namun izinnya telah habis dan tidak memperbaharui izin maka kegiatan perusahaan maupun izinnya akan dihentikan atau dicabut,” katanya lagi.
Sementara itu, menurut Bupati Hi Salihi Mokodongan,

pertambangan mineral merupakan kekayaan yang tak terbarukan yang menguasai hajat hidup orang banyak. “Walaupun saat ini IUP nya telah menjadi kewenangan Propinsi namun kewenangan pemerintah Kabupaten tetap ada yakni dalam pemberian rekomendasi atas IUP di wilayah masing masing. Tanpa rekomendasi maka IUP tak akan diterbitkan,” kata Mokodongan. Dalam laporan disebutkan bahwa Bolaang Mongondow tercatat sebagai daerah dengan IUP terbanyak yakni 29 izin meliputi pertambangan emas, pasir besi, batu lempung, batu gamping, batuan lainnya.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.