Cara Menggunakan Google Meet, Google Classroom, Zoom untuk Belajar Online

0
2232
Seorang murid Sekolah Madrasyah Ibtidaiyah Negeri mengerjakan tugas sekolah secara online melalui kiriman video dari gurunya di desa Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). Pemerintah setempat mengeluarkan surat edaran agar murid sekolah dari berbagai tingkatanpendikan belajar mandiri di rumah selama 14 hari terhitung tanggal 16 Maret 2020 guna mencegah penyeberan virus COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.

TNews, PENDIDIKAN – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung mengakibatkan belajar online masih menjadi pilihan untuk proses belajar mengajar di berbagai kota di Indonesia. Model pembelajaran jarak jauh ini mengakibatkan guru dan murid harus beradaptasi dengan sejumlah aplikasi.

Beberapa aplikasi yang kerap digunakan adalah Google Meet, Google Classroom, dan Zoom yang digunakan setiap hari. Pilihan penggunaan aplikasi bergantung kebutuhan siswa dan guru dalam proses belajar online.

Penggunaan Google Meet, Google Classroom dan Zoom untuk siswa yang akan belajar online sebetulnya tidak sulit. Untuk siswa, penggunaan aplikasi sedikit berbeda dengan guru yang bertindak sebagai pemimpin kelas.

Berikut cara menggunakan Google Meet, Google Classroom dan Zoom untuk siswa yang belajar online:

A. Cara menggunakan Google Meet

Cara menggunakan Google Meet untuk pemilik akun G Suite dengan akun sekolah:

  1. Buka Google Meet
  2. Klik Gabung atau Mulai
  3. Beri Judul Kelas dan klik Lanjutkan lalu Gabung Sekarang
  4. Untuk menambahkan akun bisa dengan salin akses lalu dikirim lewat email dan aplikasi lain, atau klik tambahkan orang untuk mengirim undangan atau memanggil lewat telepon.

Cara menggunakan Google Meet bagi yang tidak punya G Suite:

  1. Klik Google Meet
  2. Masukkan kode kelas dan gabung

B. Cara menggunakan Zoom

Siswa yang akan mengikuti belajar online melalui zoom tidak selalu perlu akun sendiri. Selain itu, biasanya guru akan mengikuti kode kelas kepada murid sebelum mulai belajar. Berikut cara menggunakan zoom:

  1. Download dan instal aplikasi Zoom, atau klik https://zoom.us/
  2. Masukkan kode yang telah dikirim guru sebelum memulai kelas belajar online

C. Cara menggunakan Google Classroom

  1. Akses link classroom.google.com dan login dengan akun yang benar
  2. Jika perlu mengganti akun klik pojok kanan atas pada gambar profil, selanjutnya pilih akun yang benar atau tambahkan akun yang diperlukan
  3. Klik Gabung Kelas dan tanda + di bagian atas
  4. Masukkan kode yang dikirim guru pelajaran dan klik Gabung
  5. Bagi yang bergabung dengan menerima undangan lewat email, cukup klik Gabung pada Mata Pelajaran yang tersedia di Google Classroom.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.