Cerita Fedi Nuril yang Ditahan Tentara Israel

0
99

TNews, SELEBRITA – Salah satu selebriti Indonesia yang pernah ditahan oleh tentara Israel adalah Fedi Nuril. Hal tersebut diceritakan Fedi Nuril dalam Instagram miliknya.

Peristiwa itu terjadi pada 2014. Fedi Nuril menceritakan soal bagaimana dirinya bisa ditahan oleh tentara Israel. Meski tentara Israel memiliki senjata yang sangat lengkap, Fedi Nuril sama sekali mengaku tidak takut.

“Tahun 2014, gue ke Palestina untuk syuting sebuah program Ramadan. Sewaktu gue dan salah satu kru masuk Masjidil Aqsa untuk salat Zuhur dan ambil gambar, gue ditahan di gerbang masuk oleh tentara Israel karena bawa tripod dan wireless mic. Anehnya, walaupun tentara itu bersenjata lengkap, gue nggak merasa takut,” buka Fedi Nuril dalam Instagram miliknya.

Fedi Nuril mengatakan apa yang terjadi di Palestina bukanlah perang, melainkan perebutan paksa.

“Apa yang terjadi di Palestina bukan perang, tapi perebutan paksa. Tentara Israel didukung teknologi militer dari US dan negara maju lain, sedangkan rakyat Palestina bertahan dengan persenjataan seadanya,” sambungnya lagi.

“Ideologi agama digunakan sebagai pembenaran atas pendudukan Israel di Palestina. Sedangkan faktanya, 20% dari jumlah penduduk Palestina beragama Katolik dan Protestan, dan mereka pun menjadi korban penyerangan tentara Israel,” paparnya lagi.

Dalam postingan selanjutnya, Fedi Nuril mengatakan sangat sedih dengan apa yang terjadi. Ia pun berharap seluruh lapisan masyarakat mendukung kemerdekaan Palestina.

“Gue sangat sedih melihat kejahatan pelanggaran HAM terhadap rakyat Arab-Palestina yang semakin menjadi-jadi. Rakyat Arab-Palestina tidak mendapatkan hak sipil untuk hidup di Palestina. Mereka harus menjadi penduduk Israel untuk mendapatkan akses rumah, pendidikan, dan kesehatan yang layak,” bebernya lagi.

“Gue berharap seluruh lapisan masyarakat dunia berhenti mempolitisasi pendudukan Israel di Palestina dan aktif mendukung kemerdekaan Palestina. Ini masalah kemanusiaan,” terangnya lagi.

Di akhir unggahannya, Fedi Nuril pun berdoa agar setiap jiwa yang ada di Palestina mendapatkan perlindungan.

“Gue yakin tidak ada satu pun ideologi di dunia yang membenarkan pembunuhan dan kekerasan terhadap manusia lain. Tidak peduli apa agama dan keyakinan kalian, bagaimana mungkin membunuh anak-anak dianggap “biasa saja”? Semoga saudara kita, rakyat Arab-Palestina, di Palestina selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin,” tutupnya.

Postingan pemain ‘Ayat-ayat Cinta’ itu pun mendapatkan banyak respons positif dari netizen.

“Nahhh ikiii lho maksud ku. Bukan perang, tapi emang pengambilan secara paksa (all). Semoga mereka tetap dalam lindungannya, Aamiin,” komen akun dwi****.

“Proud of you stand up and speak up like this bro,” kata akun robd****.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.