DAM Bolsel Gelar Seminar Adat Mongondow, Dihadiri Bupati Iskandar Kamaru

0
108
Loading...

TOTABUAN.NEWS, PINOLOSIAN – Demi melestarikan adat dan budaya Mongondow di wilayah kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Dewan Adat Mongondow (DAM) Bolsel menggelar seminar adat mongondow pada Selasa (05/03/2019).

Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tobayagan Selatan, Kecamatan Pinolosian Tengah ini, dirangkaikan dengan pelantikan pengurus DAM Bolsel. Pelantikan dilakukan langsung Bupati Bolsel Iskandar Kamaru. Diketahui, pelantikan DAM Bolsel disaksikan sejumlah pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD), Kapolsek Pinolosian, Danramil, camat, kepala desa (sangadi) serta aparat desa.

Usai menggelar pelantikan pengurus DAM, bupati langsung membuka seminar adat yang bertemakan ‘Menata Kekuatan Untuk Mendorong Terwujudnya Pengakuan, Perlindungan, dan Pemulihan Hak-Hak Masyarakat Adat Mongondow yang Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat’

Pada kesempatan, Ketua DAM Bolsel Saprudin Mokoagow menyampaikan, pengukuhan dan seminar adat yang dilakukan ini untuk mengangkat kembali nilai-nilai budaya Mongondow sekaligus penguatan kepada generasi muda Mongondow. “Sebab, realita yang ada, adat dan budaya kita kian tergerus dengan perkembangan zaman. Jadi, pengukuhan DAM dan seminar adat untuk melestarikan adat dan budaya Mongondow,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Camat Pinolosian Tengah SahrilMohama mengatakan, pembentukan DAM Bolsel juga merupakan kesepakatan dari warga suku Mongondow di Pinolosian bersatu.”Salah satu tujuannya melestarikan adat Mongondow yang ada di Bolsel. Karena itu setelah pengukuhan DAM dilanjutkan dengan seminar adat,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Bolsel dalam sambutannya sangat mengapresiasi terbentuknya DAM Bolsel serta digelarnya seminar adat tersebut. “Sebagai bupati, tentunya saya sangat menghormati, menghargai, dan mengapresiasi pengukuhan dan seminar adat ini. Saya berpesan kepada kita semua, agar kiranya sebagai masyarakat yang multi agama, budaya, bahasa dan adat,maka marilah kita saling menghargai, melindungi, dan mengayomi satu sama lain,” harapnya.

“Ini sudah sejak lama didambakan dan baru terbentuk. Sebab salah satu visi Kabupaten Bolsel adalah berbudaya,” kata Bupati Iskandar

Kegiatan itu juga dihadiri Prof Dr M H Utiah, Dr Muliadi Mokodompit, SE, M Si, unsur Pemerintah Daerah, Dewan Adat, Polsek Pinolosian,  Koramil,  KPUD Bolsel, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan Tokoh Masyarakat.

 

Peliput : Yoggie Farlin Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.