Demokrasi di Bolmong Sudah Ada Sejak Dulu

0
218

TOTABUANEWS.COM, Kotamobagu – Pengertian Demokrasi secara umum adalah bentuk pemerintahan yang kekuasan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung atau melalui perwakilan.

President Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln mendefinisikan Demokrasi sebagai pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Di Bolaang Mongondow sendiri Jika kita menengok ke belakang, hal ini tentunya sudah pernah terjadi berabad-abad lalu, dimana sebuah perjanjian para terdahulu yang dinamai Paloko Kinalang atau pemerintahan rakyat.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Aliansi Adat Masyarakat Bolaang Mongondow (Amabom) Jemy Lantong ketika ditemui di kediamanya. Senin,(03/12), menurutnya demokrasi memang sudah ada sejak dulu, dimana kelahiran sebuah Daerah Bolaang Mongondow dibentuk dengan kesepakatan oleh raja-raja 4 kerajaan di Bolaang Mongondow, Raja Bintauna, Raja Bolango, Raja Kaidipang, Raja Mongondow dengan bermusyawarah dengan masyarakat, “lahirnya Bolaang Mongondow itu dilahirkan melalui sidang oleh empat raja waktu itu, dengan bermusyarah sehingga demokrasi itu sudah ada sejak dulu,” Kata jemmy.

Dari penelusuran Totabuanews tentang cerita rakyat, memang jelas ada sebuah relasi yang kuat dimana demokrasi memang sudah lahir sebelum Amerika Serikat yang dikenal dengan negara Demokrasi itu telah Menerapkannya.

Terbukti dengan perjanjian antara Paloko Kinalang (pemerintah dan rakyat ) yang dirangkaian dengan sumpah Itum-itum. Bukan hanya itu saja, bahkan menurut cerita ketika memilih seorang raja atau punu maka akan dilakukan musyarawah. (muslim/didink)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.