Disparbud Bolmong Usulkan Pembangunan Rumah Adat

0
419
Rumah adat Bolaang Mongondow

TOTABUANEWS, BOLMONG  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), bakal mengusulkan pembangunan rumah adat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun ini.

Kepala Disparbud Bolmong, Nanci Mokoginta, ini dilakukan untuk melestarikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Bolmong.Menurutnya, pelestarian adat merupakan salah satu potensi besar bagi pekembangan wisata. “Ketika wisatawan bertandang, pasti mereka akan mencari tau bagaimana adat di daerah yang mereka kunjungi.

“Dan ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Bolmong jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Bolmong untuk mencari tahu dan belajar mengenai adat istiyadat daerah ini,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya juga meminta dukungan dari pelbagai eleman masyarakat untuk rencana ini.”Saya minta agar masyarakat mendukung pembangunan rumah adat ini,” pntahnya.

Sala satu warga Desa Lolak, Kecamatan Lolak, Zulkifly Potabuga, menyikapi belum adanya rumah adat, mempertanyakan kinerja pemerintah yang selama ini terkesan mengabaikan soal adat di daerah ini.”Saya heran. Bolmong yang kaya akan adat istiyadat, kok rumah adat saja tidak ada. Padahal sesuatu yang dilakukan warga Bolmong selalu mengikuti adat. Contoh perkawainan. Selalu ada adat yang nampak,” ujar Potabuga.

 

 

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.