ESDM Bantah Ada Pungli Listrik

0
222
Ir Sugeng Purwono
Ir Sugeng Purwono

Totabuanews.com, Molibagu – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral ESDM Ir Sugeng Purwono membantah isu beredar bahwa adanya pungutan untuk pemasangan listrik gratis bagi warga miskin yang berada di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).

“Kalau seandainya ada pungutan, itu dari pihak desa. Mungkin alasannya biaya administrasi,” terang Sugeng kepada wartawan.

Dia menambahkan, listrik gratis jenis pra bayar ini merupakan program listrik murah dan hemat pada satker Lisdes Sulut Tahun anggaran 2012 dari Kementerian ESDM. Proyek ini ditangani langsung oleh PLN wilayah Suluttenggo Manado, dimana calon pelanggan diusulkan ke PT. PLN oleh Pemda setempat melalui Dinas ESDM yang penerimanya diusulkan dari desa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, oknum sangadi di sejumlah desa diduga mematok harga untuk pasang listrik. Padahal seharusnya pemasangan itu tidak dipungut biaya alias gratis.

Bahkan terinformasi, dalam pemasangan listrik, warga miskin telah menyetor sejumlah uang kepada oknum sangadi. Contohnya Desa Dudepo misalnya, keluarga tidak mampu ini Kecamatan Bolaang Uki. Untuk pemasangan listrik warga terpaksa membayar dengan harga Rp 250 ribu ke oknum aparatur desa. Di desa lainnya malah dipungut hingga Rp 300 ribu ke oknum kepala desa. (hasdi/kon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.