Gubernur Sarundajang Dinilai Hanya Omong Kosong, Soal Pembentukan PBMR

0
350

gubernur-SHSTOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Memasuki akhir masa jabatan sebagai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo Harry Sarindayang dinilai gagal memperjuangkan kepentingan rakyat Bolaang Mongondow Raya (BMR). Hal itu diungkapkan Ketua LSM LPKEL Revormasi Effendi Abdul Kadir kepada Media Totabua Minggu (24/05) kemarin. “Beliau (SHS, red) belum berbuat hal yang sangat posistif untuk rakyat Bolmong Raya, “ ungkap

Bahkan kata Effendi, soal perjuangan untuk pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR) hanya omong kosong. “Kalau kepentingan politik pak SHS, banyak yang Ia dapat dari BMR, kepentingan rakyat BMR belum ada yang diperbuat,” tegas Effendy.

Terpisah, SHS saat menghadiri paripurna HUT Kotamobagu ke 8 mengaku hingga saat ini dirinya masih terus memperjuangkan terbentuknya PBMR. “Pembentukan provinsi BMR sudah menjadi Nazar saya. Sehingga saya ikut menandatangi dan mengikhlaskan agar BMR menjadi daerah otonom,” kata Sarundayang saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewah HUT Kotamobagu ke 8 di gedung DPRD Sabtu (23/5/).

Di depan para anggota DPRD, Guberbur Sulut dua periode itu sesekali memberikan sambutan dengan dialog Mongondow. “Akui pernah nogutun kon Mogolaing. Atau Kita pernah tinggal di Mogolaing,” kata Sarundayang dengan bahasa Mongondow.

Hal itulah kata dia, Kotamobagu yang menjadi bagian dari Bolaang Mongondow serasa sudah menjadi kampung halamannya sendiri. Sebab semasa kecil, Sarundayang tinggal dan bergaul di Kotamobagu.

“Itulah kenapa saya harus hadir di Kotamobagu, meski pada hari ini juga ada empat daerah yang melaksanakan HUT. Yakni Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu. Tentu karena ini sudah menjadi Nazar saya akan berjuang untuk bagaimana Provinsi BMR bisa terwujud,” tambahnya. Dia berjanji dengan agenda kedatangan Presiden Joko Widodo di Sulut pekan depan, akan menyampaikan aspirasi rakyat BMR.

Wali kota Kotamobagu Tatong Bara mengatakan, kehadiran Gubernur di HUT Kotamobagu merupakan kado terakhir diakhir masa jabatan. Termasuk memberikan bantuan dana, termasuk sarana infrastruktur, pendidikan dan kesehatan lewat dana Provinsi.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.