Hasil Survey Sementara LCS untuk Pilgub Sulut, Pasangan Benny – David Unggul 42,5 Persen

0
969

TOTABUANEWS, MANADO – Elektabilitas Pasangan nomor 3, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Benny J. Mamoto dan David Bobihoe Akib, kian melejit. Berdasarkan hasil terkini, Lembaga Citra Survei, paslon yang akrab disebut BeDa, berhasil meraih dukungan 42.5 % responden.Fakta ini, mempertegas paslon yang diusung Partai Golkar bersama PKP-I dan PKS ini, jauh lebih unggul dari paslon Cagub/Cawagub lainnya.

Terbukti, penampilan BeDa dalam 3 putaran Debat Terbuka, mampu meyakinkan publik dengan Visi-Misi dan Program Kerja yang lebih kongkrit dan nyata. Benny-David memang tampil BeDa. Pergerakannya sulit diterawang, mungkin pola pendekatan mereka dilakukan dengan operasi senyap, sehingga tanpa disadari oleh kompetiter lain, ternyata BeDa telah mengikat simpul-simpul pemilih yang sebelumnya mungkin juga simpatisan paslon lain,” singkat DR. Gustaf Rondonuwu, Pengamat Politik dan Pemerintahan di Sulawesi Utara, pada Sabtu (28/11) kemarin ,usai presentasi hasil terkini Lembaga Citra Survei (LCS) di Grand Central Hotel, Manado.

Sementara pasangan nomor 1, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, seiring dengan dinamika dan konstalasi politik kekinian, Cagub/Cawagub yang diusung PDI-P bersama PAN dan Partai NasDem, tergelincir pada posisi kedua. Elektabilitas Olly-Steven, sedikit mengalami penurunan dan tertahan dengan perolehan dukungan 37.1 % responden.

Posisi terakhir, ditempati pasangan nomor 2, Maya  Rumantir dan Glenny Kairupan didukung 16.7  persen responden. Sedangkan, yang belum menentukan pilihan tersisa 3.7 persen. Populasi survei yang dilakukan sejak 1-25 November 2015, mendatakan warga Sulut berusia 17-65 tahun. Metode yang digunakan adalah metode teknik multistage random sampling, dengan margin of eror ± 1.5 %, pada tingkat kepercayaan publik 95 %.

Untuk penarikan sampel berjumlah 3.000 respon, tersebar di 15 Kabupaten/Kota, 167 Kecamatan dan 1.772 Desa/Kelurahan di Sulawesi Utara, dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih secara profesional dan independen.

 

 

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.