Hebat, Inilah Strategi Jitu ala Wali Kota Marten Taha Dalam Menekan Laju Inflasi di Kota Gorontalo

0
53
Walikota Gorontalo, Marten Taha bersama Wawali Gorontalo Ryan F Kono ketika mengikuti Rakornas pengendalian inflasi bersama Kemendagri (Foto : Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO. Wali Kota Marten Taha, selalu saja punya cara jitu untuk melakukan berbagai inovasi dan terobosan yang besar dalam mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di ruang lingkup pemerintahannya, hal tersebut dapat kita lihat sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran No. 500/EKON/SDA/1792 TGL. 6 September 2022.

Terobosan yang apik tersebut terkuak kala Wali Kota Marten Taha saat mempresentasikan konsep Best Practice ketika Pemkot Gorontalo melakukan rapat koordinasi secara daring dengan pihak Kementerian Dalam Negeri dalam rangka pengendalian inflasi, bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo, Senin (22/05/2023).

Dalam rapat koordinasi tersebut Wali Kota Marten Taha mengungkapkan bahwa, Pemerintah Kota Gorontalo telah melakukan sebuah inovasi berupa gerakan tanam pangan dan budidaya ikan dengan metode bioflog. Selain kedua terobosan tersebut, Pemerintah Kota Gorontalo punya cara jitu yakni dengan menerapkan strategi 4K yang antara lain keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distrobusi serta komunikasi yang efektif.

Oleh maka dari itu, berbagai program yang telah dicanangkan tadi akan dapat terealisasi apabila ditunjang juga dengan penganggaran yang efektif. Pemkot (Pemerintah Kota) Gorontalo juga telah berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran sebesar 33 Milyar Rupiah untuk mendukung segala program yang dapat menekan laju daripada inflasi. Adapun sumber anggaran yang digunakan antara lain, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Terakhir dalam kesempatannya saat Rakor bersama Kemendagri Wali Kota Marten turut mempertegas bahwa akan ada 9 Perangkat Daerah yang akan menjalankan program penanggulangan inflasi yaitu Dinas Pendidikan, dinas Kesehatan, dinas Kelautan, dinas Perikanan dan Pertanian, dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan UMKM, dinas Sosial dan Pemberdayaan masyarakat, dinas Pangan, dinas Perdagangan dan perindustrian, dinas Perhubungan, serta bagian ekonomi Sekretariat Daerah.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.