Honor Guru Kontrak Dinaikkan

0
512

gaji guru honorTotabuanews.com, Boltim – Keberadaan 162 tenaga guru kontrak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat perhatian serius dari sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, pasalnya para tenaga guru yang tersebar disejumlah sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hinnga SMA tersebut dalam kesejateraannya sangat memprihatinkan.

Hal demikian diungkapkan Legislator Boltim Rita lamusu yang juga Ketua Komisi 111, kepada sejumlah wartawan pihaknya mengatakan gaji para guru kontrak pada tahun 2012 lalu tidak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Akan hal itu pihaknya bersama eksekutif saat pembahasan sepakat untuk tahun 2013 ini gaji para guru kontrak akan dinaikan. “Jadi sudah disesuaikan dengan Peraturan Bupati (Perbup), gaji tenaga guru kontrak mengalami kenaikan,” ungkap Lamusu.

Lanjut legislator vokal tersebut pihaknya menjelaskan untuk gaji guru kontrak SD yang sebelumnya dari Rp 750 ribu per bulan, kini naik menjadi Rp 1 juta perbulannya. “Begitu

juga yang mengajar ditingkat SMP dan SMA kalau sebelumnya hanya Rp 850 ribu perbulan kali ini naik sampai Rp 1.250.000 per bulan,” ujar Politisi PKS tersebut.

Sementara itu Sekertaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assegaf saat dikonfirmasi sejumlah wartawan pihaknya membenarkan hal tersebut, terhitung tahun anggaran 2013 ini sudah disepakati antara pihak eksekutif dengan legislatif ada kenaikan gaji bagi 162 guru kontrak. Namun katanya akan dilakukan pula penghematan anggaran dengan cara pengurangan tenaga honor hingga 25 persen serta pemotongan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD),. “Jadi sesuai Perbup masalah guru kontrak sudah pasti dinaikan. Tetapi menyangkut TKD, Jika PNS atau Pejabat mendapat tugas perjalanan dinas, maka selama Tugas Luar (TL) ia tidak menerima lagi TKD,” pungkas Assegaf yang juga Calon Wakil Bupati Mitra tersebut. (edmon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.