Ini Peran Pemda Touna Dalam Semarak HPS ke 39 Sulteng

0
102
Pembukaan pameran pembangunan HPS yang di pusatkan di Touna

TNews, AMPANA SULTENG – Pencanangan Gerakan Konsumsi Pangan Lokal berbahan Jagung yang mengiringi pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang diselenggarakan di Kabupaten Tojo Una-Una, Rabu (25/ 09/ 2019).

Kegiatan yang dihadiri Assisten II Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Ir Bunga Elim Somba, M.Sc mewakili Gubernur yang sekaligus membuka kegiatan HPS di desa Padang Tumbuo Kecamatan Ampana Kota.

Dalam sambutan Gubernur Sulteng yang dibacakan Dr Ir Bunga Elim Somba MSc,  menyampaikan peringatan Hari Pangan Sedunia telah diperingati sejak tahun 1981, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan tindakan masyarakat dunia terhadap kelaparan dan kekurangan gizi di dunia yang diselenggarakan lebih  dari 150 negara di dunia termasuk di Indonesia.

“Kali ini HPS diselenggarakan dalam bentuk pameran pembangunan sebagai upaya menggerakan dan mendorong usaha pangan yang berkelanjutan dengan harapan kegiatan ini bukan hanya bersifat seremonial tetapi ada manfaat dalam meningkatkan komitmen, kesadaran, perhatian dan responsibility seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan,” tuturnya.

Dia katakan Tema Hari Pangan Sedunia (HPS) yang di tetapkan oleh FAO yakni Our Action are Our Future Healthy Diets, a Zero Hunger World dimana pada tingkat Nasional mengusung tema Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045. Sedangkan tema pada pelaksanaan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah adalah “Pengembangan Teknologi Industri Pengolahan Pangan Lokal yang Berorientasi Bisnis dan Berdaya Saing Tinggi di Sulawesi Tengah,” ungkapnya lagi.

Terpisah Bupati Tojo Una-Una yang diwakili oleh Asisten Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Burhanudin, S Ag, M Si, sekilas menyampaikan profil Kabupaten Tojo Una-Una yang terbagi dua wilayah.

Yaitu wilayah darat dan wilayah gugusan kepulauan Togean yang merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional Parawisatanya yang ada di Indonesia.

Ia mengajak peserta Hari Pangan Sedunia untuk berkunjung ke kepulaun Togean yang di kenal dengan destinasi wisata baharinya,tuturnya. “Pentingnya penanganan masalah pangan dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk ikut serta membangun pertanian dalam upaya mendukung ketahanan pangan perlu persiapan sejak awal bahkan sejak usia dini,” ujarnya.

Sementara itu pembukaan puncak HPS ditandai simbolis dengan pemukulan Gong oleh Assisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr.Ir.Bunga Elim Somba, M.Sc yang dilanjutkan dengan pelepasan balon gas sebagai tanda pencanangan Gerakan Konsumsi Pangan Lokal berbahan jagung di Kabupaten Tojo Una-Una serta penyerahan alat pertanian.

 

Peliput : Dales

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.