Jika OD Menteri dan SK Gubernur, Lima Nama Ini Bersaing Ketat di Kursi Wagub Sulut

  • Whatsapp
ODSK

TNews, SULUT – Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) hampir dipastikan akan masuk dalam kabinet Presiden Jokowi Dodo, sebagai salah satu menteri.

Untuk menggantikan posisi gubernur Sulut, secara otomatis tentu adalah wakil gubernur Steven Kandow.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk kursi wakil gubernur adalah hak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk menentukannya.

BACA JUGA : Olly Dondokambey Segera Masuk Kabinet Jokowi, Ini Posisinya

Namun menurut salah satu pengamat Sulut Taufik Tumbelaka, PDI Perjuangan punya cukup banyak stock kader internal yang dapat mengisi posisi wagub Sulut, jika nantinya OD ditarik masuk dalam kabinet.

“Bisa dari kalangan internal yang sekarang berkiprah di level nasional, Adriana Dondokambey (Anggota DPR-RI), atau di level propinsi, Francizscus Andi Silangen, atau dari kabupaten/kota seperti Bupati Mitra James Sumendap, Bupati Minut, Joune Ganda, Bupati Minahasa, Royke Roring, Wakill Bupati Minahasa, Robby Dondokambey,” ujar Tumbelaka.

Akan tetapi Dia memprediksi ada lima nama yang akan bersaing ketat, diantaranya; Diana Dondokambey, Andi Silangen, James Sumendap, Robby Dondokambey dan Roy Roring.

Meski demikian kata Tumbelaka, untuk penetapan nantinya akan penuh dengan kalkulasi politik karena terkait di Pilkada Gubernur Sulut dan juga Pilkada Bupati/Walikota di triwulan 4 tahun 2024.

“PDI Perjuangan Sulut tentunya akan berupaya mempertahankan dominasi politiknya  dan untuk itu semua kebijakan politik. Terlebih yang sangat strategis seperti pengisiian posisi Wakil Gubernur tentunya extra hati-hati, dikarenakan itu bagian dari persiapan jauh-jauh menyambut Pemilu Gubernur 2024,” tandasnya.

 

Konni Balamba

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.