Kabar Bahagia dari WHO Soal Akhir Pandemi COVID-19

0
293

TNews, KESEHATAN – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan prediksi menggembirakan mengenai pandemi COVID-19. Disebutkan varian Omicron akan membuat fase baru COVID-19 dan mengakhiri pandemi, setidaknya di Eropa.

Direktur WHO Eropa Hans Klunge mengatakan wilayah tersebut mulai bergerak menuju akhir pandemi.

“Setelah gelombang Omicron melanda Eropa dan saat ini mereda, akan ada beberapa minggu dan beberapa bulan terjadi kekebalan global. Baik karena vaksin atau karena orang-orang yang memiliki kekebalan akibat infeksi,” ungkapnya, dikutip SCMP, Senin (24/1/2022).

“Jadi kita antisipasi akan ada masa tenang sebelum COVID-19 kembali menjelang akhir tahun, tapi belum tentu pandemi kembali,” tambah Kluge.

Sejumlah penelitian menyebutkan varian Omicron lebih ringan gejalanya dibandingkan Delta. Hal ini menimbulkan harapan jika virus Corona akan berubah dari pandemi menjadi endemi yang lebih mudah diatasi.

“Ada banyak pembicaraan mengenai endemik… karena endemik, sangat mungkin memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Virus ini benar-benar mengejutkan kami, kita harus sangat berhati-hati,” ujar Klunge.

Di sisi lain, dia mendesak orang untuk tetap patuh dan bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Kalau tidak enak badan, tetap di rumah. Kalau positif, isolasi,” ujarnya.

Di wilayah WHO Eropa, yang terdiri dari 53 negara termasuk beberapa negara Asia Tengah, varian Omicron sudah mewakili 15 kasus baru per 18 Januari.

Sumber : detikHEALTH.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.