Kesal, Warga Pobundayan Blokir Jalan

0
489
Kndisi ruas jalan Pobundaya yang di blokir warga Semenjak Rabu (21/08) malam lalu. (Foto:Marshal)
Kndisi ruas jalan Pobundaya yang di blokir warga Semenjak Rabu (21/08) malam lalu. (Foto:Marshal)
Kndisi ruas jalan Pobundaya yang di blokir warga Semenjak Rabu (21/08) malam lalu. (Foto:Marshal)

TOTABUANEWS.COM, Kotamobagu – Proses perbaikan ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Matali dan Pobundayan, mendapatkan protes keras dari warga sekitar. Pasalnya, pekerjaan yang dilakukan oleh CV. Multikarya Utamajaya dinilai berjalan lamban, dan mulai berimbas pada kesehatan warga, diakibatkan oleh debu dari proyek tersebut. Puncak kekesalan itupun diapresiasikan warga, Rabu (21/08) malam lalu, sekitar pukul 22.00 Wita dengan memblokir ruas jalan tersebut.

 Aksi blokir jalan dengan menumpukkan batu dan kayu di tengah jalan tersebut, serta memasang palang kayu, berkibat kendaraan roda dua, tiga dan empat tidak bisa melintas.

 Menurut warga, aksi blokade dilakukan karena kesal terhadap sikap pemerintah, yang terkesan membiarkan pekerjaan tersebut dipenuhi debu yang menyebabkan sejumlah warga mengidap penyakit ispa (infeksi saluran pernapasan akut).

 “Biasanya jalan tersebut disemprot dengan air namun belakangan itu tidak lagi dilakukan. Jika Pemkot tidak menanggapi keluhan ini, kami akan terus mengulangi aksi blokade,” tutur warga

 Sementara itu, Lurah Pobundayan Mohammad Abdullah menghimbau agar aksi warga yang melakukan blokade jalan sebagai bentuk protes, itu bisa dilakukan dengan elegan.

“Kalau bisa diberikan juag ruang agar kendaraan bisa melintas,” imbuh Abdullah.

 Disisi lain, Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Bob Paputungan ST, yang mengetahui aksi warga tersebut ,mendesak agar kontraktor pelaksana proyek tersebut, bisa mengutamakan aturan pengerjaan proyek.

 “Kasihan, masyarakat yang tinggal disekitar jalan itu bias mengidap penyakit ispa. Ini bukti pelaksanaan proyek itu tidak professional, “tukas Paputungan.

Dirinya pun a mendorong agar instansi teknis dalam hal ini dinas PU Bina marga provinsi untuk bisa melakukan pengawasan terhadap proyek tersebut. “Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan kita bersama akan terjadi, yang disebabkan pekerjaan yang tidak beres itu, “tandasnya. (kon/dar/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.