Kodim 1303 Beri Latihan Bela Negara dan Deteksi Dini

0
377
Letkol Inf Mudjiharto

Kerja Sama Pertama Dengan Pemkab Bolmut

 

Letkol Inf Mudjiharto

TOTABUANEWS.COM, Kotamobagu – Kodim 1303 Bolmong ternyata banyak berperan dalam melakukan pelatihan bela negara kepada masyarakat di Tanah Totabuan. Ini semua dimaksudkan untuk mencegah dan melakukan antisipasi dini terhadap persoalan yang berpeluang menjadi pertikaian di tengah masyarakat. Termasuk juga pencegahan masuknya teroris di wilayah Bolmong Raya.

Sayangnya, informasi yang diperoleh media ini, dari lima daerah otonomi yang ada di calon provinsi Bolmong Raya, baru satu pemerintah daerah yang melakukan kerja sama. Yakni Pemkab Bolmong Utara (Bolmut). Sementara empat daerah lain, masing-masing Kotamobagu, Bolsel, Boltim dan Bolsel, sampai kini belum jelas kapan akan memulai kerja sama tersebut.

Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Mudjiharto ketika ditanyakan media ini tentang program tersebut, membenarkannya. “Untuk kerja sama dengan Pemkab Bolmut, kami memberikan pelatihan dan pendidikan bela negara sekaligus sistem deteksi dini kepada generasi muda. Semuanya dilakukan di Markas Kodim 1303 Bolmong,” kata Dandim.

Saat ini, lanjut dia, pelatihan dan pendidikan tersebut sudah memasuki gelombang kedua. Adapun jumlah warga Bolmut yang telah mengikutinya mencapai 60-an orang.

“Selain tentang Bela Negara, mereka dilatih dan diberikan pembekalan tentang sistem deteksi dini. Jadi ketika ada persoalan di wilayahnya, mereka yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini bisa berada di garda terdepan untuk melakukan upaya pencegahan sekaligus memberikan laporan kepada pemerintah maupun aparat kepolisian terdekat,” tutur Dandim Mudjiharto, mengakhiri perbicangan dengan media ini. (Dadang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.