Kotamobagu Berpeluang Kembali Rebut Adipura

0
156

adipuraTOTABUANEWS.COM, Kotamobagu – Kerja keras pemerintah dan elemen masyarakat Kotamobagu, untuk terus menjaga kebersihan daerahnya, rupanya akan membuahkan hasil dengan berpeluang merebut penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat, yakni Piala Adipura. Hal itu tercermin dari pernyataan Kabid Pengendalian dan Pengelolaan LB3 Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulut Sonni Runtuwene.

“Kotamobagu sangat berpeluang. Posisinya yang telah meraih adipura sebelumnya akan lebih memudahkan untuk mempertahakannya,” Runtuwene.

Menurut Runtuwene penilaian Adipura untuk wilayah di Sulut termasuk KK, akan dilakukan minggu ketiga bulan Maret. Penilaian tersebut adalah penilaian final untuk priode 2012-2013. Sebelumnya, penilaian tahap pertama (P.1) telah dilakukan akhir Desember 2012 lalu.

Setiap tahunnya, lanjut Runtuwene, ada penambahan poin yang dinilai. Seperti partisipasi masyarakat mendukung dan mengelolah sampah masuk dalam penilaian. “Sebelumnya tidak masuk penilaian, tapi tahun ini partisipasi masyarakat mengelolah sampah dan lingkungan di pemukian jadi ukuran tersendiri,” katanya.

Menurut Runtuwene, dengan Adipura yang diraih KK diharapkan masyarakatnya akan lebih meningkatkan partisipasi dalam menjaga dan mengelolah lingkungan. “Sebesar apapun tekad dan keinginan pemerintah meraih adipura, tanpa ditopang kesadaran masyarakat maka akan sia-sia,” pungkasnya. (konny/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.