Kukar Dorong Mobilitas Aman melalui Road Safety Campaign

0
19
Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono

TNews, Kukar – Dalam upaya mengatasi tingkat kecelakaan di jalan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan “road safety campaign” dengan tema “street for life, rethink mobility”.

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan terhadap dekade aksi keselamatan jalan 2021-2030, seiring dengan kampanye keselamatan dunia dan mengacu pada tema WHO pada pertemuan tingkat tinggi sidang umum PBB tahun 2023.

“Fokusnya pada transportasi berkelanjutan, terutama dalam mendorong beralih ke berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan transportasi umum,” terang Sunggono Sunggono pada puncak acara dari rangkaian kegiatan Pekan Keselamatan Jalan tahun 2023 di lapangan basket Tenggarong, Minggu (8/10/2023).

Street for life, tambah Sunggono, bukan hanya sebuah slogan, melainkan pemikiran ulang terhadap cara kita menggunakan jalan raya dengan aman dan bertanggung jawab.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, tercatat bahwa kecelakaan pada 2020 mengalami penurunan 14 persen dibandingkan tahun 2019, turun dari 116.411 kejadian menjadi 100.028 kejadian. Meski demikian, tahun 2021 menyaksikan peningkatan mencapai 103.645 kasus, mengingat mobilitas kembali normal setelah pandemi.

“Meskipun situasinya berubah, kecelakaan tetap terjadi dan menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dari semua pihak terhadap masalah keselamatan lalu lintas,” ungkap Sunggono.

Harapannya, “road safety campaign” menjadi langkah positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menekan tingkat kecelakaan di jalan. **Att(Adv/Diskominfo Kukar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.