Lokasi Pembangunan Bandara Ada Bangkai Pesawat

0
550
Sinyo Harry Sarundajang
Sinyo Harry Sarundajang
Sinyo Harry Sarundajang

TOTABUANEWS.COM, Molibagu – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang, meminta kepada Bupati Bolmong H Salihi B Mokodongan, bersabar karena Lolak tahun ini belum kebagian jatah pembangunan bandara. Karena dipastikan, akan di bangun di Bolmong Selatan (Bolsel).

Hal ini ditegaskan Gubernur disela-sela pelantikan Wakil Bupati Bolmong Selatan (Bolsel), Jumat pekan lalu di gedung Grand Fajar, Kecamatan Bolaang Uki. “Tahun ini (2013, red), pembangunan bandara akan dilakukan di Bolsel, bukan di Lolak,” kata Sarundajang.

Menurut SHS sapaan akrab Gubernur, ini bukan kesalahan Bupati Bolmong, melainkan proses pembebsan lahan di Kecamatan Lolak, untuk pembangunan bandara lamban, sementara tahun ini dipastikan bandara akan dibangun di Sulut, lokasinya di Bolmong Raya. “Haqqul Yakin, bandara akan dibangun tahun ini,” kata SHS.

Pantauan harian ini, saat SHS mengatakan hal itu, Bupati Bolmong, langsung tertunduk diam.

Sementara, warga Bolmong, sudah mengetahui pembangunan bandara di Kecamatan Lolak. Bahkan, Bupati sendiri saat dikonfirmasi soal ini beberapa waktu lalu mengatakan, tahap persiapan sudah dilakukan. “Sudah dipersiapkan untuk pembangunan bandara,” kata Salihi beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Bolmongpun harus rela setelah ada keputusan pemindahan pembangunan bandara. Sementara, lokasi bandara yang akan dibangun di Bolsel, berada di kecamatan Pinolosian, antara desa Tolotoyon dan Kombot. Saat ini, lokasi tersebut sudah disiapkan. Lokasi ini juga merupakan eks areal percetakan sawah baru, yang diduga program tersebut bermasalah.

Menariknya, di lokasi itu terdapat bangkai pesawat terbang yang jatuh sekitar tahun 40-an. Menurut Camat Pinolosian Arsalan Makalalag, bahwa informasi tersebut didengarnya semasa masih anak-anak. “Menurut cerita, ada bangkai pesawat di lokasi itu,” kata Arsalan.(chn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.