Manado Gelar Perayaan Cap Go Meh

0
210

TOTABUANEWS, MANADO – Perayaan Cap Go Meh di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), hari ini, Senin 22 Februari 2016, ditandai dengan arak-arakan 13 tangsin atau wadah roh suci keliling kawasan kampung China atau Pecinan.

“Rute tidak berubah seperti tahun-tahun sebelumnya. Start dari Klenteng Ban Hing Kiong kemudian mengitari kompleks Pecinan dan finish di sini lagi,” ujar Ferry Sondakh, rohaniawan dari Klenteng Ban Hing Kiong.

Dalam rangka persiapan Cap Go Meh ini, beberapa ritual sudah dilaksanakan sejak pekan lalu, termasuk membersihkan alat-alat yang bakal digunakan. “Pedang dan golok juga sudah kami asah, termasuk peralatan lainnya,” ujarnya menambahkan.

Puncak ritual ini, kata Ferry, ditandai dengan memasukkan roh leluhur ke dalam pikulan atau kio yang akan diduduki para tangsing. “Ada 13 tangsin dan 14 kio yang di isi roh leluhur,” ujarnya menjelaskan.

“Selain aksi tangsin juga ada arak-arakan lain seperti barongsai hingga budaya Sulut, di antaranya musik bambu dan lain-lain akan menyemarakkan Cap Go Meh,” tandasnya.

David Rumondor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.